Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Bandung Kembali Miliki Kampung Toleransi

Kota Bandung kembali memiliki kampung toleransi sebagai bentuk kerukunan dan kebhinnekaan di tengah perbedaan kepercayaan masyarakat.
Peresmian Kampung Toleransi di Kota Bandung/Bisnis-Dea Andriyawan
Peresmian Kampung Toleransi di Kota Bandung/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Kota Bandung kembali memiliki kampung toleransi sebagai bentuk kerukunan dan kebhinnekaan di tengah perbedaan kepercayaan masyarakat.

Letak kampung tersebut yakni di RW 04 & 05 Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol, Bandung. Kampung toleransi ini dihuni oleh masyarakat dengan kepercayaan beragam, seperti muslim, kristiani dan keturunan Tionghoa yang beragama Buddha.

Kampung toleransi ini menjadi yang keempat yang diresmikan Kota Bandung setelah sebelumnya ada di RW 04 Kelurahan Jamika, Bojongloa Kaler, RW 02 Kelurahan Paledang, Lengkong dan RW 12 Komplek Dian Permai, Babakan Ciparay.

Ketua Kampung Toleransi RW 04-05 Kelurahan Balonggede, KH Lukman Hakim menyebutkan, kampung toleransi hadir sebagai rumah bersama bagi masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa.

"Adanya perbedaan bukan menjadikan kita terpecah belah, gontok-gontokan, dan menimbulkan kelemahan dalam menjaga kesatuan," ujar Lukman, Rabu (10/7).

Oleh karenanya, Lukman mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Bandung khususnya, untuk hidup berdampingan dengan perbedaan guna membangun bangsa Indonesia.

Dengan diresmikannya Kampung Toleransi di RW 04-05 Balonggede, Lukman berharap peresmian ini tidak sekadar peresmian simbolis belaka. Kampung toleransi harus menghadirkan kegiatan-kegiatan positif serta terjalinnya silaturahmi dan kebersamaan antar umat beragama.

Sementara itu Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengajak seluruh masyarakat Bandung untuk bersama-sama menjaga toleransi. Menurut Oded, toleransi adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat kemajemukan yang diberikan untuk bangsa Indonesia.

"Negara kita itu tanah surga. Kita diberi kekayaan alam, kemajemukan masyarakat, dan masih banyak lagi. Kita harus mensyukurinya," ujar Oded usai meresmikan Kampung Toleransi di RW 04-05, Balonggede.

"Salah satu cara untuk mensyukuri adalah dengan menjadi warga yang toleran," sambungnya.

Oded menambahkan, peresmian Kampung Toleransi ini adalah implementasi kebjakan strategisnya dalam memimpin Bandung, yakni silaturahmi.

"Di lapangan, silaturahmi antar umat beragama ini berlangsung baik. Kesepakatan membangun Kampung Toleransi ini adalah bukti warga Bandung toleran dan rukun," katanya.

Selanjutnya, Oded menyebutkan segala bentuk toleransi di Kota Bandung harus mendapatkan perhatian dan dukungan. Diresmikannya kampung toleransi adalah salah satu upaya mewujudkan Kota Bandung yang nyaman.

Sedangkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara menyebutkan Kampung Toleransi di Kota Bandung merupakan inspirasi untuk bangsa Indonesia.

"Baru hadir di kota besar Indonesia, kampung toleransi seperti ini. Bandung adalah kota yang tumbuh dengan masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi," ujar Ferdi. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper