Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bawaslu Jabar Bakal Patroli Cegah Politik Uang Jelang Coblosan

Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat akan menggelar patroli di daerah guna mencegah praktik politik uang jelas Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Jabar Abdullah mengatakan pihaknya tengah melakukan himbauan pada seluruh peserta Pemilu untuk menghindari praktik politik uang. "Ini penting sebagai komitmen bersama agar tercipta Pemilu yang demokratis," katanya di Gedung Sate,Bandung, Senin (8/4/2019).

Menurutnya setelah masa kampanye selesai dan memasuki masa tenang akan ada masa-masa rawan menjelang pencoblosan terkait politik uang. "Bawaslu akan melakukan patroli kampanye di masa tenang dalam kaitan memastikan soal kemungkinan kerawanan tadi," ujarnya.

Abdullah menilai praktik politik uang rentan terjadi sebelum 17 April berbentuk serangan fajar dan potensi terjadi di Jawa Barat menurut tinggi. "Sebagai kewaspadaan Bawaslu menghadapi Hari H fokus pada hal tadi, agar Pemilu kita tidak dicederai oleh politik transaksional. Kami perkuat fungsi pengawasan tadi dengan patroli," tuturnya.

Selain itu pihaknya juga mengantisipasi terjadinya kekurangan logistik Pemilu dimana Bawaslu sudah mendata kekurangan 210.000 kertas suara. "Ini menjadi catatan penting jangan sampai di Hari H terjadi ketidaksiapan dalam hal pemenuhan logistik utama dalam hal ini surat suara," katanya.

Bawaslu juga memastikan agar peredaran hoaks di wilayah tersebut tidak membuat situasi menjelang pemilihan tidak kondusif. "Pemilu hari ini penting kita jaga, ekspektasi publik datang ke TPS dengan tidak intimidasi, narasi kebencian," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper