Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BOGOR - Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar bagi pengembangan ekonomi Islam. Perkembangan bisnis dan industri keuangan syariah di Indonesia menunjukkan tren yang positif. Namun demikian, Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain di kancah global.

Dalam rangka mendorong percepatan pengembangan bisnis dan industri keuangan syariah, secara khusus literasi keuangan syariah patut menjadi perhatian utama karena sampai saat ini tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk keuangan syariah masih sangat rendah.

Berdasarkan hasil survey terakhir yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sekitar 40% masyarakat Indonesia masih belum memiliki akses langsung ke sektor keuangan termasuk perbankan dan pasar modal.

Sementara itu, literasi keuangan syariah masyarakat Indonesia hanya mencapai 8,11% dengan indeks inklusinya sebesar 11,6% di mana literasi pada sektor perbankan syariah berkisar 6,63%, asuransi syariah 2,51%, dan pasar modal syariah 0,02%.

Memperhatikan kondisi tersebut, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bekerjasama dengan OJK RI berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer Pasar Modal Syariah yang bertajuk “Menuju Masyarakat Cerdas Berinvestasi Syariah”.

Kegiatan ini berupa pelatihan yang ditujukan untuk mencetak sumber daya yang kompeten di bidang pasar modal syariah sebagai upaya meningkatkan tingkat literasi masyarakat terhadap keuangan syariah di Indonesia.

Edy Setiadi, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengatakan, pihaknya akan terus mendukung peningkatan literasi keuangan syariah dalam berbagai bentuk, baik workshop maupun melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat.

"Ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia agar memiliki pemahaman aspek teori dan praktik yang cukup sebagai kepanjangan tangan dari narasumber di TOT ini yang dapat mendukung peningkatan literasi di masyarakat luas,” papar Edy, Sabtu (6/4/2019).

MES juga melakukan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait industri keuangan syariah.

Pelatihan melibatkan peserta yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dan pelaku industri, seperti praktisi perbankan, konsultan keuangan, perwakilan komunitas investor syariah, aktivis sosial, hingga civitas akademika perguruan tinggi dan pesantren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper