Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudah 6 Hari, Tim Sepak Bola Anak-anak Hilang di Gua Belum Ditemukan

Gua yang menjadi lokasi pencarian hilangnya 12 anak dan seorang pelatih/AFP via Channel News Asia
Gua yang menjadi lokasi pencarian hilangnya 12 anak dan seorang pelatih/AFP via Channel News Asia

Bisnis.com, CHIANG RAI - Pencarian 12 anak-anak anggota regu sepak bola dan pelatih mereka memasuki hari keenam, Jumat, dan polisi mulai menurunkan alat bantu melalui dinding gua tanpa bisa memastikan apakah anak-anak tersebut betul-betul berada di sana.

Anak-anak berusia 11 hingga 16 tahun beserta seorang pembantu pelatih berusia 25 tahun itu hilang sejak Sabtu setelah menjelajahi gugus gua Tham Luang sepanjang 10km di Propinsi Chiang Rai.

Mereka tetap masuk ke gua itu meski ada peringatan tertulis kepada pengunjung bahwa lorong di dalam gua tersebut rentan terhadap banjir.

Sepeda dan sepatu milik anak-anak tersebut ditemukan di dekat pintu masuk gua dan regu penolong yakin bahwa jejak tangan, yang ditemukan di dalam gua itu adalah milik mereka. Tapi, upaya pencarian belum menemukan hasil.

Ragu penyelamat internasional, termasuk yang dikirim Komando Pasifik AS (PACOM), ikut membantu tim Thailand, yang terdiri atas tentara, polisi, dalam pencarian yang dihadang hujan deras.

Polisi juga sudah menjelajahi bagian dasar gua, sementara tim penyelam menyusuri jalan yang sudah tergenang banjir.

Sebanyak 20 paket yang terdiri atas air minum, makanan, obat dan lampu senter, serta sebuah surat yang ditujukan kepada tim yang hilang itu ikut diturunkan ke celah di dalam gua.

Meski tidak yakin dengan posisi rombongan anak-anak itu, tim penolong tetap berharap agar paket yang diturunkan tersebut bisa mereka temukan.

"Jika anak-anak tersebut menemukan kotak, kami ingin agar mereka bisa mengeluarkan kotak tersebut dari gua," kata Kolonel Polisi Kraiboon Sotsong, ketua tim penyelamat.

Catatan tersebut berbunyi: "Jika diterima, silahkan jawab dan tunjukkan peta lokasi kalian berada. Semua orang akan segera menolong."

Upaya pencarian anak-anak tersebut menjadi perhatian besar masyarakat di Thailand.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha juga sudah mengunjungi lokasi, Jumat, untuk memberikan semangat kepada tim penolongdan menyakinkan keluarga anak-anak tersebut bahwa seluruh upaya akan dilakukan untuk menemukan mereka.

"Yang bisa dilakukan akan dilakukan, pemerintah akan mendukung," kata Prayuth menegaskan sebagaimana dikutip Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper