Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG - Terbebas dari debu bukanlah hal yang mustahil apabila ada kemauan untuk membersihkannya. Menjadikan rumah yang bersih tentu menjadi impian semua orang.

Namun, agar rumah terbebas dari debu tidak hanya cukup dibersihkan saja. Penggunaan karpet, menumpuknya barang-barang, adalah sebagian kecil yang harus di minimalisir.

Partikel kecil ini sering menetap di permukaan benda dan menumpuk jika tidak dibersihkan. Meskipun tidak membahayakan benda-benda yang mereka tempati, tapi partikel debu sangatlah tidak sehat bagi orang-orang yang tinggal di rumah tersebut.

Dilansir Boldsky, ada beberapa solusi agar rumah terbebas dari debu dalam waktu yang cukup lama, sehingga tidak perlu membersihkannya terlalu sering.

1. Hindari penggunaan karpet

Karpet adalah gudangnya debu. Bahkan jika Anda menyedot debu tersebut setiap hari, pembersihan dengan air dan deterjen tetap diperlukan agar kotorannya benar-benar hilang. Dan hal itu sangat menguras tenaga bukan? Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan karpet berbahan vinyl yang cenderung tidak berbulu dan lebih mudah dibersihkan karena permukaannya yang licin.

2. Selalu tutup jendela rumah 

Hal ini perlu dilakukan jika rumah Anda langsung menghadap ke jalan raya, ataupun jika ada jendela yang tepat berhadapan dengan jalan. Apalagi jika jam sibuk lalu lintas, debu yang masuk ke rumah sangat berbahaya, karena mengandung gas dan polutan. Solusinya, bukalah jendela setiap pagi agar udara segar dapat masuk.

3. Bersihkan saringan AC bila ada

Hal ini sama pentingnya dengan menjaga agar jendela Anda tetap tertutup. Meski udara yang berasal dari AC disaring, mereka tidak akan bekerja dengan baik jika debu pada saringan dibiarkan menumpuk. Oleh karena itu, membersihkan saringan AC secara teratur akan menjamin kualitas udara yang baik untuk keluarga Anda.

4. Memasang alat humidifier 

Ini sangat penting jika Anda tinggal di daerah yang kering. Lingkungan kering akan membuat debu dan kotoran akan lebih mudah datang. Memasang humidifier akan membantu udara lebih lembap dan menurunkan jumlah debu di rumah Anda.

5. Jangan pernah membawa alas kaki ke dalam 

Alas kaki merupakan pembawa debu, kotoran dan kuman. Maka dari itu, alas kaki sebaiknya diletakkan pada sebuah rak di luar rumah, agar debunya tidak mengotori rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper