Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Resmikan Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9) pagi.
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Perpusnas/Setkab
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Perpusnas/Setkab

Bisnis.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9) pagi.

Berdiri di atas lahan seluas 11.975 meter persegi dengan luas bangunan 50.917 meter persegi, dengan ketinggian bangunan 126,3 meter dengan 24 lantai dan tiga basement, perpustakaan ini diklaim sebagai perpustakaan nasional tertinggi di dunia.

“Ini persiapan diri untuk masuk ke masa depan. Karena sudah digagas Presiden Sukarno 65 tahun yang lalu, baru kita kerjakan pada saat ini. Ini dikerjakan 2 tahun 6 bulan dan selesai dengan kondisi yang sangat baik,” kata Presiden Jokowi dalam pidato peresmiannya, seperti dikutip laman Setkab.

Presiden berharap, Perpusnas ini mampu meningkatkan minat baca anak-anak, generasi Y, generasi Z yang mempunyai pola pikir dan perilaku jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.

Selain lebih senang baca tulisan atau baca berita di smartphone atau tablet, menurut Presiden, juga sedikit yang masih baca koran cetak.

"Sekarang mereka bisa lihat berita apapun dengan sekali klik, melihat live streaming tinggal klik, melihat video, juga bisa langsung masuk ke Netflix. Sehingga berita apapun dalam waktu yang cepat bisa mereka baca," kata presiden.

Jokowi juga mengaku senang sekali Perpusnas sekarang sudah mulai pengembangan serba digital, serba elektronik. "Tadi saya diberi tahu akan ada e-resources, e-books, e-journal, dan macam-macam e- yang lainnya."

Akan Tes Pelayanan

Presiden juga akan melakukan tes mengenai benar tidaknya Perpusnas sudah full digital atau baru namanya saja elektronik.

Menurut dia, nanti diam-diam akan menyuruh orang untuk mencoba layanan di Perpusnas yang baru ini.

“Akan saya cek, akan saya tes dengan cara saya,” kata Presiden Jokowi menekankan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Sumber : Setkab.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper