Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geopark Ciletuh Diprediksi Jadi Destinasi Favorit Liburan Lebaran

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat Optimis Kawasan Taman Nasional Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu (TNGC) akan menjadi primadona wisatawan saat libur lebaran mendatang.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat Optimis Kawasan Taman Nasional Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu (TNGC) akan menjadi primadona wisatawan saat libur lebaran mendatang.

Kadisparbud Jabar Ida Hernida mengatakan informasi mengenai keindahan TNGC sudah tersebar di masyarakat, sehingga kawasan wisata yang terletak di Sukabumi Selatan ini menjadi buruan masyarakat yang hendak menikmati perpaduan keindahan Geologis, biologi, dan keindahan laut dalam satu paket.

"Jangankan lebaran, sekarang pun weekday sudah penuh, mobil dan motor pun sampai susah lewat," katanya Jumat (19/5/2017).

Menjadi leading sector pembangunan TNGC ini untuk menjadi Kawasan Pariwisata Internasional menjadikan tantangan tersendiri untuk Ida, pasalnya bukan perkara mudah memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat terkait persiapan TNGC menjadi Unecsco Global Geopark. Sehingga ia memandang momen libur lebaran akan menjadi waktu yang tepat untuk dilakukan sosialisasi secara masif.

Sosialisasi yang dilakukan pihaknya diantaranya adalah, mempersiapkan masyarakat lokal di kawasan TNGC menjadi masyarakat pariwisata. Artinya, masyarakat harus mampu mengelola potensi-potensi yang dimilikinya. Seperti kebudayaan, kerajinan kreatif, serta kemampuan bahasa untuk menjadi modal pemanda wisata.

Lainnya, adalah optimalisasi Tourism Information Center (TIC), serta infrastruktur primer lain seperti petunjuk jalan, gapura kawasan, lokasi parkir, dan lain-lain.

"Kami sudah persiapkan potensi lonjakan yang akan terjadi pada musim liburan lebaran nanti," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper