Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya Tetap Bertanggung Jawab Soal PPDB 2024

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin membenarkan Kepala Dinas Pendidikan Jabar Wahyu Mijaya akan dilantik menjadi Pj Bupati Cirebon.
Kepala Dinas Pendidikan Jabar Wahyu Mijaya
Kepala Dinas Pendidikan Jabar Wahyu Mijaya

Bisnis.com, BANDUNG--Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin membenarkan Kepala Dinas Pendidikan Jabar Wahyu Mijaya akan dilantik menjadi Pj Bupati Cirebon, Jumat (17/5/2024) besok.

Bey Machmudin mengatakan tetap optimistis pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dapat berjalan lancar, meski Wahyu tidak lagi fokus sepenuhnya sebagai Kadisdik Jabar.

Pemprov Jabar akan segera menunjuk pelaksana harian (Plh) Kadisdik Jabar dalam mengawal pelaksanaan PPDB 2024.

"Pak Wahyu besok akan dilantik menjadi Pj Bupati Cirebon. Tentunya saya yakin dengan birokrasi di Pemprov yang sudah baik, kami akan mencari Plh yang tepat. Yang pasti Plh itu tidak dari bawah, tapi dari yg selevel dari kadis lain atau kepala biro lain," katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (16/5/2024).

Sedangkan mengenai pakta integritas yang telah ditandatangani Wahyu, dimana bila PPDB gagal berjalan sesuai harapan maka akan mundur dari jabatannya, dia menyebut fakta integritas tetap berlaku.

Bahkan pakta integritas berlaku untuk semua, mulai dari kepala bidang di Disdik, kepala KCD hingga level sekolah.

"Diturunkan. Itu sampai kepala sekolahnya juga. Artinya pakta integritas ini jangan membuat hal-hal yang curang. Jadi harus sesuai dengan norma yang berlaku," ucapnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Herman Suryatman menambahkan, Wahyu tetap akan menjadi Kadisdik definitif meski menjabat sebagai Pj Bupati Cirebon.

Walaupun secara teknis, nantinya pelaksanaan PPDB akan dikawal oleh Plh Kadisdik hingga berakhir.

"Pak Wahyu tetap jadi kepala dinas. Tidak dicopot. Hanya dia diberikan tugas tambahan sebagai Pj. Jadi secara substansial, Pak Wahyu tanggungjawab. Cuma harian oleh Plh," katanya.

Sekda memastikan Wahyu tidak bisa lari dari tanggung jawab menjalankan PPDB tanpa kecurangan karena sudah terikat fakta integritas. "Tentu dia tetap harus bertanggungjawab," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper