Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pejabat Disdik Jabar akan Dilantik Jadi Pj Bupati Cirebon

Wahyu akan dilantik sebagai Pj Bupati Cirebon oleh Pj Gubernur, Bey Machmudin di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (17/5/2024) pagi.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya/Istimewa
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya/Istimewa

Bisnis.com, CIREBON - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya akan dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cirebon menggantikan Imron Rosyadi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hilmi Rivai mengatakan Wahyu akan dilantik sebagai Pj Bupati Cirebon oleh Pj Gubernur, Bey Machmudin di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (17/5/2024) pagi.

"Persiapan pelantikan sudah siap. Nama yang bersangkutan sudah fix menjadi Pj Bupati Cirebon," kata Hilmi kepada Bisnis.com di Gedung Setda, Kabupaten Cirebon, Kamis (16/5/2024).

Hilmi mengharapkan, Pj Bupati Cirebon akan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Cirebon. Selain itu, mampu bekerjasama baik dengan seluruh aparatur sipil negara (ASN).

"Melanjutkan yang baik di Kabupaten Cirebon dan mudah-mudahan bisa selaras," katanya.

Berdasarkan data dari Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Barat, Imron bersama Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih bakal diberhentikan sebagai kepala daerah mulai Jumat (17/5/2024).

Diketahui, Imron Rosyadi merupakan mantan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon ini, awalnya merupakan pendamping Sunjaya Purwadisastra dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Pasangan Sunjaya-Imron berhasil memenangkan pemilihan tersebut. Namun, sebelum dilantik, Sunjaya dijaring operasi tangkag tangan (OTT) lantaran terlibat kasusjual beli jabatan di lingkungan pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Lantaran status hukum tersangka, Sunjaya dinonaktifkan sebagai bupati dan menunjuk Imron Rosyadi jadi pelaksana tugas (Plt) bupati.

Beberapa bulan menjabat sebagai Plt, Imron dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bupati Cirebon definitif pada 1 Oktober 2019.

Sementara, Wahyu Tjiptaningsih merupakan istri dari terpidana korupsi Sunjaya Purwadisastra yang terpilih sebagai Wakil Bupati Cirebon dalam pemilihan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Cirebon pada Rabu (2/12/2020).

Wahyu Tjiptaningsih menggantikan posisi Imron Rosyadi yang sebelumnya menjadi wakil bupati mendampingi Sunjaya. Wakil bupati baru tersebut sebelumnya bersaing dengan Cunadi, sopir pribadi Sunjaya selama menjabat sebagai Bupati Cirebon. 

Dalam hasil pemilihan yang dilakukan secara coblos oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih memperoleh suara 36, Cunadi 1 suara, dan 10 suara tidak sah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper