Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG -- Panggilan untuk wawancara kerja adalah momen yang paling ditunggu oleh para pencari kerja. Namun apakah Anda berpikir bahwa wawancara kerja tak semudah yang Anda pikirkan?

Dilansir Business Insider, saat wawancara kerja Anda sering kali terjebak oleh kesempatan bertanya yang diajukan user atau personalia. Ingat, kualitas serta kemampuan Anda sedang dipertaruhkan. Maka Anda harus bisa memastikan untuk tidak bertanya secara sembarangan.

“Dalam wawancara kerja, Anda pasti ingin menanyakan pertanyaan yang tepat. Tanyakan tentang pekerjaan dan perusahaan,” kata pimpinan dewan pekerjaan di Talent Zoo, Amy Hoover.

Hoover mengatakan tujuan wawancara kerja adalah memastikan kandidat sesuai dengan perusahaan. Dan pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan keinginan kandidat. Maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian salah satunya melalui ini.

Meski bertanya soal gaji atau jam kerja adalah hak setiap pencari kerja, namun hal itu akan ada waktunya saat Anda melakukan wawancara akhir untuk mencapai kesepakatan.

Namun konsultan karier, Deborah Shane mengatakan tidak bertanya ketika diberikan kesempatan bertanya adalah hal yang lebih buruk daripada bertanya hal-hal yang buruk.

“Ini bisa mengungkapkan kemampuan komunikasi, kepribadian, dan kepercayaan diri Anda dan (sikap tidak bertanya) bisa meninggalkan kesan buruk pewawancara kerja kepada kandidat,” kata Shane.

Dan berikut pertanyaan yang sebaiknya Anda hindari kepada pewawancara ketika diberikan kesempatan bertanya:

Pekerjaan yang dilakukan perusahaan

Pertanyaan ini akan menunjukkan kandidat terlihat tidak siap untuk wawancara. Untuk menghindarinya, jangan pernah bertanya segala hal yang mudah dijawab melalui mesin pencari Google.

Gaji

Lebih baik tahan pertanyaan soal gaji karena ini mengisyaratkan kandidat sebagai orang yang arogan dan kasar. Akan ada momen tepat yang bisa ajukan soal hak yang harus Anda dapatkan.

Jam kerja

Pewawancara kerja bisa menilai kandidat adalah orang yang malas. Bertanya soal jam kerja akan membuat pewawancara berpikir 'apakah Anda tidak siap untuk lembur?'

Waktu berlibur

Merencanakan waktu liburan sebelum mendapatkan pekerjaan memberi isyarat bahwa kandidat tidak berkomitmen dalam bekerja. Sebaiknya hal ini tak perlu Anda tanyakan.

Manfaat yang diberikan perusahaan 

Sebaiknya tahan dulu soal ini, nanti juga pewawancara akan menjelaskan lebih detail manfaat dan tunjangan yang diberikan kepada Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Business Insider
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler