Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prototipe Mobil Terbang Airbus Diuji Tahun Ini

CEO Airbus Group berencana menguji prototipe mobil terbang untuk dikemudikan sebagai cara menghindari kemacetan di jalanan kota pada akhir tahun.
CEO Airbus Tom Enders/Reuters
CEO Airbus Tom Enders/Reuters

Bisnis.com, MUNICH - CEO Airbus Group berencana menguji prototipe mobil terbang untuk dikemudikan sebagai cara menghindari kemacetan di jalanan kota pada akhir tahun.

Airbus tahun lalu membentuk divisi yang disebut Urban Air Mobility yang mengeksplorasi konsep-konsep seperti kendaraan untuk mengangkut orang atau gaya hellikopter yang dapat membawa beberapa pengendara. Tujuannya adalah untuk orang-orang yang memesan kendaraan menggunakan aplikasi, mirip dengan skema berbagi mobil.

"Seratus tahun yang lalu, transportasi perkotaan bergerak di bawah tanah, sekarang kita memiliki sarana teknologi untuk pergi di atas tanah," kata CEO Airbus Tom Enders pada konferensi teknologi digital SLJJ di Munich, Senin kemarin. 

Dia juga berharap Airbus dapat terbang perseorangan pada akhir tahun.

"Kami sedang dalam fase eksperimen, kita mengambil perkembangan ini dengan sangat serius," katanya. Dia menambahkan bahwa teknologi Airbus tersebut diakui harus bersih untuk menghindari polusi di kota yang padat.

Dia mengatakan, hal tersebut juga dapat mengurangi biaya untuk perencanaan infrastruktur kota. "Dengan terbang, Anda tidak perlu mengeluarkan miliaran untuk jembatan beton dan jalan," katanya.

Enders mengatakan, Airbus akan membuat helikopter komersial serta ingin berinvestasi untuk membuat sebagian besar dari teknologi baru seperti mengemudikan secara otonom serta memakai kecerdasan buatan.

"Jika kita mengabaikan perkembangan ini, kita akan terdorong keluar dari segmen penting dari bisnis," katanya.

Seorang juru bicara Airbus menolak mengatakan berapa banyak nilai investasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper