Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anda Bisa Kendalikan Pikiran Sendiri, Begini Caranya

Entah itu orang tua, teman, atau pasangan Anda, Anda mungkin membiarkan orang lain mengendalikan apa yang Anda pikirkan dan lakukan. Pada akhirnya, Anda adalah diri Anda sendiri.

BANDUNG--Entah itu orang tua, teman, atau pasangan Anda, Anda mungkin membiarkan orang lain mengendalikan apa yang Anda pikirkan dan lakukan. Pada akhirnya, Anda adalah diri Anda sendiri.

Oleh karena itu, Anda bebas membuat keputusan dalam hidup Anda. Jika Anda merasa orang lain mencoba mengendalikan pikiran Anda, berikut tujuh cara menjaga kendali pikiran Anda:

1.      Mengetahui apa yang Anda inginkan

Orang-orang yang mengendalikan Anda mungkin merupakan orang yang Anda minati. Contohnya, jika Anda ragu-ragu, orang tua Anda mungkin akan mengarahkan Anda pada arah tertentu. Salah satu cara terbaik dalam mengendalikan pikiran Anda adalah dengan menemukan apa yang Anda inginkan dalam hidup. Bukan apa yang orang tua Anda inginkan atau pasangan Anda inginkan, tetapi apa yang Anda inginkan.

2.      Jangan takut menjadi diri Anda sendiri

Anda juga bisa mengendalikan pikiran Anda dengan menjadi diri Anda sendiri. Jangan hanya mengikuti apapun yang teman Anda lakukan atau katakan.

3.      Katakanlah ketika Anda tidak menyukai sesuatu

Jika Anda adalah orang yang pemalu dan tidak menyukai konfrontasi, hal ini akan sulit diterapkan pada diri Anda dalam situasi tertentu. Beberapa orang mungkin akan mengambil keuntungan dari Anda, tapi Anda bisa menghancurkan lingkaran itu dengan membuat suara atau pendapat Anda terdengar.

4.      Jangan mendengarkan pembicaraan yang negatif

Berada di sekitar orang-orang yang negatif akan membawa Anda jatuh. Mereka mungkin akan mengatakan hal-hal negatif terkait kehidupan atau pekerjaan Anda. Tak lama kemudian, Anda mungkin akan mengadopsi cara mereka berpikir atau pola piker mereka. Jangan biarkan orang-orang itu memenuhi pikiran Anda dengan informasi yang negatif. Jika seseorang mengeluh tentang hidupnya, arahkan pembicaraan itu ke arah yang lebih positif. Anda mungkin harus membatasi kontak dengan orang-orang yang selalu mengatakan hal negatif.

5.      Jangan terpengaruh oleh gosip

Beberapa orang akan menarik Anda ke dalam gosip. Mudah sekali terperangkap pada pembicaraan ini. Tapi jika Anda membiarkan orang-orang usil ini mengendalikan bagaimana yang Anda rasakan pada orang lain, Anda memberikan orang ini kendali penuh atas pikiran Anda. Hal ini akan membuat Anda sulit keluar dari lingkaran ini. Namun, tidak ada yang baik dari gosip.

6.      Belajar dari pengalaman Anda sendiri

Jika Anda ingin mengejar jalan hidup tertentu, beberapa mungkin akan mengatakan itu ide yang buruk. Mungkin mereka memiliki pengalaman yang buruk dan mencoba untuk melindungi Anda. Sementara perhatian mereka dapat dimengerti, pengalaman Anda sendiri mungkin akan sangat berbeda. Untuk itu, jangan takut mengambil resiko terkait dengan hidup Anda sendiri.

7.      Menyadari bentuk manipulasi

Cara lain mengendalikan pikiran Anda adalah dengan menyadari ketika orang lain sedang memanipulasi Anda. Manipulator akan melakukan situasi manuver untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Seorang manipulator mungkin bisa masuk ke dalam pikiran Anda dan mempengaruhi bagaimana perasaan Anda terhadap berbagai hal. Orang-orang ini sangat pintar dan licik, jadi Anda harus tetap siaga dan menyadari ketika orang-orang tersebut mencoba mengambil keuntungan dari kebaikan Anda.

Sebagai orang yang memiliki kendali penuh pada pikirannya, Anda akan membuat keputusan terkait kehidupan Anda berdasarkan apa yang Anda mau, dan Anda akan membentuk pendapat Anda mengenai orang lain berdasarkan pengalaman pribadi Anda.

Sumber: Allwomenstalk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper