Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mikhail Gorbachev Dirawat di Rumah Sakit

Mantan pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, 83, menjalani perawatan di rumah sakit dan menyatakan memperjuangkan hidup, kata kantor berita Rusia, Kamis (9/10/2014).
Mikhail Gorbachev/Reuters
Mikhail Gorbachev/Reuters

Bisnis.com, MOSKOW - Mantan pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, 83, menjalani perawatan di rumah sakit dan menyatakan memperjuangkan hidup, kata kantor berita Rusia, Kamis (9/10/2014).

"Kesehatan saya sedang-sedang saja dalam seminggu ini dan hari ini saya masuk rumah sakit. Kesehatan saya menurun," kata Gorbachev seperti dikutip kantor berita Ria Novosti.

"Saya menjalani pemeriksaan," kata Gorbachev tanpa menyebutkan alasannya masuk rumah sakit.

"Anda tahu tabiat saya. Saya memutuskan untuk memperjuangkan hidup saya," katanya kepada kantor berita Interfax.

Pemimpin terakhir Uni Soviet itu pernah dirawat di rumah sakit pada Juni 2013 untuk menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh.

Peraih penghargaan Nobel Perdamaian itu pada tahun-tahun terakhir terlihat lelah selama tampil di depan umum. Ia menderita kencing manis, menurut laporan media.

Gorbachev menjadi pemimpin Soviet pada 1985 dan melembagakan reformasi politik dan ekonomi yang dikenal dengan nama glasnot (keterbukaan) dan "perestroika" (membangun kembali).

Pada 1991 reformasinya memberikan kendali Republik atas Moskow --suatu kekuatan yang cukup untuk menyatakan kemerdekaan, dan Rusia, bersama Belarusia dan Ukraina, menandatangani kesepakatan pembubaran Uni Soviet.

Dia kemudian mengumumkan keruntuhan Uni Soviet dan menjelaskan bahwa reformasinya dimaksudkan untuk menyelamatkan negaranya yang rapuh melalui modernisasi ketimbang membiarkannya terpecah belah.

Meskipun mendapat pengakuan dunia, dalam beberapa tahun terakhir Gorbachev hanya memainkan peran terbatas dalam politik Rusia, namun dia mengecam Presiden Vladimir Putin dan menyerukannya untuk mundur.

Dia mengepalai Yayasan Gorbachev untuk kegiatan amal dan penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper