Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Musim Haji 2025, Ketersediaan Air Bersih di Asrama Haji Indramayu Masih Jadi Sorotan

Pemkab Indramayu sedang mempertimbangkan berbagai alternatif untuk menyelesaikan masalah ini agar tidak ada kendala terkait air bersih ketika musim haji tiba.
Akses air bersih/Dok. Habitat for Humanity Indonesia
Akses air bersih/Dok. Habitat for Humanity Indonesia

Bisnis.com, INDRAMAYU- Persiapan fasilitas Asrama Haji Jawa Barat di Indramayu semakin dikebut menjelang musim haji 2025. Salah satu perhatian utama adalah memastikan pasokan air bersih bagi jemaah yang akan menginap dan beraktivitas di kompleks asrama haji tersebut.

Saat ini, pasokan air bersih di Asrama Haji Indramayu masih bergantung pada suplai air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Darma Ayu melalui tangki.

Pjs Bupati Indramayu, Dedi Taufik mengatakan, pentingnya penyediaan air bersih secara optimal. Ketersediaan air bersih merupakan faktor penting untuk menunjang kenyamanan jamaah selama mereka berada di asrama haji, terutama saat pelaksanaan ibadah haji yang membutuhkan persiapan fisik dan kesehatan yang prima.

“Kami perlu memastikan bahwa fasilitas air bersih di Asrama Haji Jawa Barat ini dapat memenuhi kebutuhan seluruh jemaah secara optimal," kata Dedi, Senin (28/10/2024).

Saat ini, suplai air bersih di Asrama Haji Indramayu masih bergantung pada pasokan melalui tangki dari PDAM Tirta Darma Ayu.

Dia juga menambahkan, Pemkab Indramayu sedang mempertimbangkan berbagai alternatif untuk menyelesaikan masalah ini agar tidak ada kendala terkait air bersih ketika musim haji tiba. 

Salah satu opsi yang tengah dievaluasi adalah meningkatkan kapasitas pasokan air bersih dari PDAM atau membangun infrastruktur pendukung yang memungkinkan ketersediaan air yang stabil di area asrama. 

Pihaknya berencana berkoordinasi lebih intensif dengan instansi terkait guna memastikan solusi yang efektif dan berkelanjutan.

“Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan PDAM Tirta Darma Ayu serta pihak-pihak lain yang memiliki kapasitas untuk mendukung suplai air bersih di Asrama Haji ini. Jika dibutuhkan, kami akan berupaya untuk mencari opsi-opsi yang lebih permanen agar kebutuhan air bersih jemaah dapat terus terjamin,” lanjut Dedi.

Pemkab Indramayu juga menargetkan agar ketersediaan air bersih di Asrama Haji dapat terpenuhi sebelum musim haji mendatang. Selain itu, pihaknya juga terus memonitor perkembangan pembangunan sarana dan prasarana di Asrama Haji Jawa Barat. 

Hingga saat ini, proyek pembangunan masjid, akses jalan ke lantai dua, serta asrama atau penginapan masih berjalan dengan dukungan Kementerian Agama RI.

Lebih lanjut, Pjs Bupati Indramayu menyampaikan. penyediaan air bersih ini menjadi perhatian penting karena kenyamanan jamaah merupakan prioritas. 

Dia berharap penyelesaian proyek infrastruktur dan penyediaan fasilitas penunjang di Asrama Haji Jawa Barat dapat memberikan dampak positif bagi persiapan jemaah haji asal Jawa Barat.

“Kami sangat berharap semua pembangunan ini bisa selesai tepat waktu, dan masalah air bersih ini bisa kita selesaikan sebelum jemaah haji mulai berdatangan. Dengan begitu, jemaah akan merasa lebih nyaman selama berada di sini. Ini bagian dari upaya kita memberikan pelayanan terbaik,” tambahnya.

Selain berfokus pada infrastruktur fisik, Pemkab Indramayu juga memastikan bahwa layanan dasar seperti sanitasi dan kebersihan di Asrama Haji akan terjaga. 

Keberadaan pasokan air bersih yang mencukupi tidak hanya mendukung kesehatan jemaah, tetapi juga membantu menjaga kondisi lingkungan di sekitar asrama tetap bersih dan aman.

"Kesiapan ini akan sangat penting dalam menyambut musim haji 2025 dan meningkatkan pelayanan terhadap jemaah haji dari Jawa Barat yang memanfaatkan fasilitas asrama haji tersebut," kata Dedi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper