Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jabar: Tanggapi Hasil Survei, Syaikhu Kenang Sukses Bikin Kejutan di 2018

Syaikhu berkaca pada pengalaman mengikuti kontetasi Pilgub Jabar 2018 lalu dimana saat menjadi calon wakil gubernur mendampingi Sudrajat.
Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu (kanan)
Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG--Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu bersikap santai menanggapi hasil survei Pilgub Jabar 2024 yang menempatkan dirinya bersama Ilham Habibie di urutan kedua setelah pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

Syaikhu berkaca pada pengalaman mengikuti kontetasi Pilgub Jabar 2018 lalu dimana saat menjadi calon wakil gubernur mendampingi Sudrajat, pasangan tersebut moncer di pemungutan suara dengan mengalahkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Syaikhu mengaku optimistis, pasangan ASIH akronim Akhmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie mampu memenangkan Pilgub Jabar 2024 terlebih masih ada waktu sekitar dua bulan yakni Oktober-November di masa kampanye, untuk mendongkrak elektabilitas sebelum pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang.

"Insyaa Allah. Masih ada waktu. Walaupun dua bulang kurang, masih (mampu) untuk mengejar itu," ujar Syaikhu usai bersilaturahmi dengan Paguyuban Interaksi Antar Supir (Pintas) di Aula Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (APHI), Lapangan Gasibu Mini, Antapani, Bandung, Selasa (1/10/2024).

Menurutnya pasangan ASIH akan terus melakukan sosialisasi dan kampanye mengenai program serta visi misi kepada masyarakat dari rumah ke rumah, untuk meyakinkan pemilih bahwa pasangan nomor urut 3 paling tepat dipilih guna membangun Jabar.

Kampanye akan dilakukan di seluruh kota/kabupaten di Jabar untuk memuluskan tujuan pasangan ASIH dalam memenangkan Pilgub Jabar 2024.

"Biasa survei yang begitu, kita yang penting hari ini kita hari-hari kerja. Di kurang dari 60 hari ini, saya berkeliling ke kabupaten/kota dalam upaya untuk menjangkau masyarakat. Mudah-mudahan berjalan dengan usaha ini juga survei akan terus bisa semakin meningkat," katanya.

Keyakinan Syaikhu ini juga tidak lepas berkaca pada kontestasi Pilgub Jabar 2018 silam, dimana kala itu sejumlah lembaga survei mengunggulkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Syaikhu yang kala itu mendampingi Sudrajat, elektabilitasnya hanya terpaut di angka 10%. Namun pada hasil pemungutan suara, pasangan Sudrajat-Syaikhu hampir mengejar pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, karena hanya selisih 4,14%.

Sedangkan untuk pasangan nomor urut empat, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, mendapatkan suara 5.663.198 atau 25,77%. Terakhir, pasangan nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan, mendapatkan suara 2.773.078 atau 12,62%.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif LSI Denny JA Toto Izul Fatah menyebut elektabilitas pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan lebih dari 70%.

Hasil dari survei dengan 440 responden yang terbagi dari tujuh kabupaten/kota, yakni Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Subang, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut dan lainnya. Dimana margin of error sebesar 4,8%, dengan metode multistage random sampling tatap muka langsung kepada responden.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper