Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Cirebon Perkuat Literasi Instrumen Investasi ke Pelajar dan Mahasiswa Ciayumajakuning

Di tengah ketidakpastian ekonomi global, investasi saham semakin penting untuk dipertimbangkan sebagai salah satu strategi keuangan jangka panjang.
Kepala OJK Cirebon Agus Muntholib
Kepala OJK Cirebon Agus Muntholib

Bisnis.com, CIREBON - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya memperkuat program literasi keuangan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa di Ciayumajakuning terkait berbagai instrumen investasi, seperti saham, reksadana, dan obligasi.

Kepala OJK Cirebon Agus Muntholib mengatakan langkah tersebut merupakan bagian dari upaya OJK dalam mendorong generasi muda untuk lebih melek finansial dan mampu mengelola keuangan.

Menurutnya, di tengah ketidakpastian ekonomi global, investasi saham semakin penting untuk dipertimbangkan sebagai salah satu strategi keuangan jangka panjang.

"Pasar saham, meskipun berfluktuasi, menawarkan peluang pertumbuhan modal yang signifikan bagi investor yang berani mengambil risiko terukur dan memiliki pemahaman mendalam tentang pasar," kata Agus di Kota Cirebon, Senin (12/8/2024).

Agus menyebutkan, investasi saham memungkinkan individu untuk berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi global. Dengan memilih saham perusahaan yang kuat dan memiliki fundamental baik, investor dapat memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.

Ia pun menyarankan agar masyarakat mulai mengalokasikan sebagian dari pendapatan mereka ke investasi saham.

"Meskipun pasar saham dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kondisi politik dan ekonomi, dalam jangka panjang, saham cenderung memberikan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti deposito, atau obligasi," kata Agus.

Saat ini, menunjukkan semakin banyak masyarakat, terutama generasi muda, yang mulai tertarik untuk berinvestasi saham. Hal itu pun didorong oleh kemudahan akses ke pasar saham melalui platform digital yang memungkinkan transaksi dilakukan dengan cepat dan mudah.

Ia pun mengingatkan bahwa investasi saham memerlukan pengetahuan dan strategi yang tepat. "Penting bagi investor pemula untuk melakukan riset dan tidak hanya mengikuti tren pasar. Konsultasi dengan penasihat keuangan juga bisa menjadi langkah bijak untuk menghindari kesalahan investasi," katanya.

Selain potensi keuntungan yang tinggi, berinvestasi saham juga membantu memperkuat pasar keuangan domestik. 

Semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam investasi saham, semakin besar pula dukungan terhadap perusahaan-perusahaan nasional yang terdaftar di bursa, sehingga membantu pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Dalam kondisi ekonomi yang penuh dengan ketidakpastian, diversifikasi investasi menjadi kunci. Saham, sebagai salah satu instrumen investasi, bisa menjadi pilihan tepat untuk menjaga nilai kekayaan dan meraih keuntungan di masa depan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper