Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Miskin Ekstrem di Sumedang Peroleh Voucher Belanja Kebutuhan Pokok Awal Juli

Pemda Kabupaten Sumedang akan segera membagikan voucher untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Sumedang.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Pemda Kabupaten Sumedang akan segera membagikan voucher untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Sumedang. 

Rencananya voucher tersebut akan diluncurkan Pj Bupati Sumedang sebelum tanggal 1 Juli kepada 10.082 jiwa (3.083 KK) warga miskin ekstrem sebesar Rp75.000/jiwa setiap bulannya.

"Insyaallah, kami sudah siapkan dengan BAZNas, Pak Bupati nanti akan launching sebelum 1 Juli untuk dibagikan kepada kepala keluarga agar per 1 juli sudah dibelanjakan untuk penghapusan miskin ekstrem," kata Kepala Bapppeda Agus Wahidin, Senin (10/6/2024).

Agus mengatakan, voucher ini akan diberikan kepada kepala keluarga disesuaikan dengan jumlah tanggungan keluarganya masing masing. 

Voucher belanja Rp75.000/jiwa ini harus dibelanjakan untuk keperluan pangan seperti beras, daging dan ikan segar yang menunya akan diatur oleh penyelenggara.

"Voucher hanya dicetak sebanyak 3.083 kartu diberikan kepada kepala keluarga. Kalau keluarga tanggungan keluarganya ada empat berarti yang ada dalam bantuan itu Rp300.000. Kalau hanya dua, dia dan istrinya berarti Rp150.000,"jelasnya.

Terkait data miskin ektrem, Bappppeda bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan data registrasi sosial ekonomi (Regsosek) dari Bapenas. 

Data tersebut kemudian dicek dengan kondisi riil di lapangan yang telah diverifikasi dan divalidasi (verval) oleh kepala desa dan berdasarkan hasil verval diperoleh kepastian data miskin ekstrem di Sumedang sebanyak 10.082 jiwa (3.083 KK).

"Hasil verval terakhir, jumlah miskin ekstrem di Kabupaten Sumedang itu sudah 3.083 KK mencakup 10.082 jiwa.  Sudah ketemu semua pihak sudah fix, bupati setuju, BPS dan kepala desa sudah tanda tangan," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper