Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada 2024: Mantan Wabup Cirebon Lirik Gerindra Jadi Kendaraan Politik

Mantan Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih dikabarkan mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Cirebon dari Partai Gerindra.
Mantan Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih
Mantan Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih

Bisnis.com, CIREBON - Mantan Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih dikabarkan mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Cirebon dari Partai Gerindra. Padahal, sosok tersebut merupakan kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Bendahara PDIP DPC Kabupaten Cirebon Rudiana mengatakan kabar pendaftaran mantan wakil bupati itu sudah menyebar. Menurutnya, hal tersebut dianggap tidak tidak etis karena belum menyatakan mengundurkan diri.

"Meskipun kami belum tahu pasti kebenarannya, tapi dari pemberitaan banyak media, Bu Ayu (Wahyu Tjiptaningsih sudah daftar ke Gerindra. DPP juga sudah tahu masalah ini. Kemungkinan akan ada sanksi. Karena kan biasanya juga begitu," kata Rudiana, Senin (3/6/2024).

Rudiana mengatakan, tiga nama untuk calon Bupati Cirebon sudah mencuat. Selain Wahyu Tjiptaningsih, dua nama lainnya adalah mantan Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan anggota DPRD Jawa Barat, Bambang Mudjiarto.

"Bulan sekarang itu akan ada survey. Tapi, bisa saja dianggap keluar dari partai karena dia daftar ke partai lain. Kalau ini terjadi, kemungkinan rekomendasi tinggal dua orang yaitu Imron dan Bambang," jelasnya.

Sebelumnya, DPC PDIP Kabupaten Cirebon membuka peluang koalisi dengan partai lain untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Ketua DPC Kabupaten Cirebon Imron Rosyadi mengatakan berdasarkan instruksi pimpinan pusat PDIP, setiap pimpinan diberikan kewenangan untuk membangun koalisi dengan partai manapun.

"Terserah dengan siapapun yang penting bisa sukses dan menang dalam pilkada. Potensi di setiap daerah hanya pimpinan cabang yang tahu," kata Imron.

Terkait hal tersebut, kata Imron, pihaknya bakal segera melakukan pertemuan dengan partai politik lain. Koalisi tersebut pun akan diumumkan dalam waktu dekat.

Hingga saat ini, pimpinan pusat PDIP belum mengumumkan nama calon Bupati Cirebon periode 2024-2029. Tiga nama diketahui sudah mendaftarkan untuk menduduki posisi tersebut.

"Tiga nama yaitu, saya, Wahyu Tjiptaningsih, dan Bambang sudah mendaftarkan. Rekomendasi akan keluar Juni atau Juli tahun ini," kata Imron yang juga merupakan mantan Bupati Cirebon.

Hingga berita ini tayang, belum ada keterangan resmi dari pihak Wahyu Tjiptaningsih.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper