Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendorong Metropolitan Rebana Pacu Produktivitas Industri Gula

Keberadaan Kawasan Metropolitan Rebana diharapkan mampu mendongkrak industri gula di Kabupaten Cirebon melonjak.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, CIREBON - Keberadaan Kawasan Metropolitan Rebana diharapkan mampu mendongkrak industri gula di Kabupaten Cirebon melonjak.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan industri gula di Jawa Barat selama ini topang oleh wilayah Metropolitan Rebana. Perkebunan tersebut tumbuh subur di wilayah Kabupaten Cirebon bagian timur.

Namun begitu, kata Imron, produksi gula yang dihasilkan tidak mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri. Padahal, pemerintah pusat sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula Nasional.

Ditetapkannya Kawasan Metropolitan Rebana diharapkan mampu mengundang investor yang ingin mendirikan pabrik gula. Pemerintah daerah pun bakal memperluas lahan perkebunan tebu di Kabupaten Cirebon.

"Wilayah kami harus turut andil dalam upaya swasembada gula nasional," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Senin (6/5/2024).

Menurut Imron, untuk mencapai swasembada gula perlu perhatian serius. Beberapa upaya yang harus dilakukan, di antaranya kerja sama riset dan upaya-upaya strategis lainnya. 

Selain itu, peningkatan produksi tebu di Kabupaten Cirebon diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal. Saat ini, harga kebutuhan pokok masyarakat tersebut terus mengalami lonjakan harga.

"Selain berkontribusi untuk produksi gula nasional, produksi dari Cirebon pun harus memenuhi kebutuhan untuk warga lokal. Keberadaan pertanian tebu di sini juga merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Cirebon," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi tebu dari Kabupaten Cirebon tahun lalu mencapai 20.733 ton. Sementara luas lahan komoditas tersebut 4.216 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler