Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Langkah Pj Bupati Sumedang Entaskan Masalah Kemiskinan Ekstrem

Pj Bupati Yudia Ramli berkomitmen untuk terus mendegradasi kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sumedang di masa jabatannya.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Penjabat (Pj) Bupati Yudia Ramli berkomitmen untuk terus mendegradasi kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sumedang di masa jabatannya.

Meski jabatannya terbilang singkat untuk memimpin Sumedang terus menuntaskan permasalahan kemiskinan ekstrem, namun Yudia optimistis mampu berkontribusi.

Terlebih, saat ini diakui Yudia, Presiden Joko Widodo menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai contoh bagi daerah lain dalam hal upaya penuntasan masalah kemiskinan ekstem.

"Pertama, bagaimana mewujudkan 0% miskin ekstrem pada Desember 2024, kedua zero new stunting atau tidak ada lagi stunting baru mulai bulan Mei 2204, ketiga memastikan 6.370 jiwa miskin ekstrem mendapatkan perlindungan sosial dan pemberdayaan," kata Yudia.

Menurut Yudia, setidaknya ada enam poin pakta integritas 26 SKPD yang sudah ditandatangani, juga 26 camat termasuk para kepala desa.

Keempat, ia memastikan 5.842 anak diberikan program intervensi gizi spesifik. Kelima, meminimalisir resiko stunting. 

"Keenam, menyelesaikan secara solutif permasalahan di masyarakat tanpa menimbulkan dampak negatif sehingga keenam poin itu harus dilaporkan dan dievaluasi sepenuhnya oleh Bupati Sumedang," ujarnya.

Diakuinya, dengan jabatannya yang baru 8 hari sehingga hasil kerja dari Pj Bupati juga Bupati-wakil Bupati sebelumnya, Yudia tinggal menerima penghargaan saja dan ia menganggap hal tersebut sebagai anugerah. 

"Akan tetapi menurut saya ada tantangan juga, karena Pak Presiden telah menunjuk Kabupaten Sumedang sebagai percontohan untuk penanganan kemiskinan ekstrem, dan harus selesai Desember tahun ini. Sedangkan 6.370 orang miskin ekstrem harus di-nol-kan sehingga kalau saya sendiri cuman ngomong non sense. Maka harus bersama-sama dengan komitmen para SKPD dan camat," kata Yudia.

Dengan begitu lanjut Yudia, semua sudah komitmen termasuk dirinya sendiri untuk mewujudkan 6 komitmen tersebut. 

"Saya akan evaluasi ini dari hari ke hari sehingga mohon doa dan kerjasama termasuk teman-teman media. Karena meng-nol-kan kemiskinan ekstrim bukanlah hal yang mudah sehingga baik dari pemerintah dan semuanya akan rempeug dan harus tercapai," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper