Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Sumedang Usung Visi Pembangunan 2024-2025 Sumedang Mandala

Visi Sumedang Mandala merupakan wujud Kabupaten Sumedang 20 tahun ke depan pada 2045 yang mampu memanfaatkan berbagai potensi sumber daya secara optimal.
Musrenbang RPJPD 2025-2045 dibuka Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli (kedua kanan) di Aula Tampomas Setda Kabupaten Sumedang, Senin (29/4/2024).
Musrenbang RPJPD 2025-2045 dibuka Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli (kedua kanan) di Aula Tampomas Setda Kabupaten Sumedang, Senin (29/4/2024).

Bisnis.com, BANDUNG— Pemerintah Kabupaten Sumedang menetapkan visi pembangunan Kabupaten Sumedang untuk 2025-2045, Sumedang Mandala, Sumedang yang Maju, Mandiri, Adil, dan Berkelanjutan. 

Visi Sumedang Mandala merupakan wujud Kabupaten Sumedang 20 tahun ke depan pada 2045 yang mampu memanfaatkan berbagai potensi sumber daya secara optimal baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Visi Sumedang Mandala dirumuskan saat pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sumedang tahun 2025-2045. Musrenbang RPJPD 2025-2045 dibuka Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli di Aula Tampomas Setda Kabupaten Sumedang, Senin (29/4/2024). 

“Musrenbang RPJPD 2025-2045  merupakan salah satu tahapan untuk merencanakan Kabupaten Sumedang untuk 20 tahun ke depan. Dokumen yang disusun ini sangat penting dan strategis karena akan memandu 4 periode kepemimpinan kepala daerah di Kabupaten Sumedang ke depan," kata Pj Bupati Yudia Ramli, di Sumedang.

Yudia, ultimate goals dari pembangunan adalah bagaimana kesejahteraan masyarakat ini dapat diwujudkan. 

"Saya menekankan pentingnya komitmen bersama dalam menurunkan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, stunting serta pengangguran sebagai wujud nyata hasil pembangunan di masyarakat," katanya. 

Yudia berharap tim penyusun RPJPD dapat terus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, menyusun dokumen yang sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan tanggap terhadap perubahan. 

"Bagaimanapun perencaanaannya, kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utamanya yang ditandai dengan penurunan kemiskinan, stunting, pengangguran, ketimpangan pembangunan wilayah yang diukur dengan gini ratio dan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia," kata Yudia.

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah Tuti Ruswati menyebutkan visi Kabupaten Sumedang untuk tahun 2025-2045 adalah Sumedang Mandala, Sumedang yang Maju, Mandiri, Adil, dan Berkelanjutan. 

"Visi Sumedang Mandala merupakan wujud Kabupaten Sumedang pada tahun 2045 yang mampu memanfaatkan berbagai potensi sumber daya secara optimal baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia," kata Tuti. 

Menurutnya, dalam penyusun RPJPD Kabupaten Sumedang tahun 2025-2045, terdapat empat isu strategis. Pertama, pelayanan dasar dan pembangunan sumber daya manusia. Kedua kualitas lingkungan hidup dan ketahanan pangan.

Ketiga infrastruktur, pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi inklusif berbasis teknologi dan berkelanjutan. Keempat,  tata kelola pemerintahan yang menjadi prioritas. 

“Musrenbang RPJPD ini menjadi bentuk nyata komitmen pemerintah daerah dalam menyelesaikan segala permasalahan di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper