Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pascagempa Garut, Wisatawan Tinggalkan Objek Wisata Pantai

Obyek wisata di pantai Garut selatan ditinggalkan wisatawan pascagempa semalam
Gerakan seismograf saat gempa bumi/khaleejtimes
Gerakan seismograf saat gempa bumi/khaleejtimes

Bisnis.com, GARUT- Sejumlah wisatawan di sejumlah pantai wilayah Kabupaten Garut bagian selatan, Jawa Barat meninggalkan objek wisata pascagempa mengguncang pada Sabtu (27/4/2024) malam.

Forum Relawan Penanggulangan Bencana Garut Selatan, Ipi Muflihin menyebutkan, sesaat setelah sebagian besar wisatawan memilih untuk meninggalkan lokasi wisata. Namun sebagian lainnya mengevakuasi diri ke Kantor Kecamatan Pameungpeuk.

"Di kantor kecamatan ada yang menginap, lalu pulang ke rumah masing-masing," kata Ipi di Kabupaten Garut, Minggu (28/4/2024).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi berkekuatan 6,5 magnitudo mengguncang 151 kilometer barat daya Kabupaten Garut pada Sabtu kemarin.

Gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer ini terasa tidak hanya di wilayah Garut,  melainkan hingga Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya, Tangerang, Bogor, Jakarta, Kebumen, Banyumas.

Kemudian, Cilacap, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Trenggalek, dan Malang. Gempa tersebut tidak menimbulkan potensi terjadinya tsunami.

Sebanyak 25 rumah dan satu rumah sakit di Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29 WIB.

Berdasarkan informasi, puluhan rumah yang mengalami kerusakan berada di Kecamatan Pameungpeuk, Cisompet, Cibalong, Singajaya, Cikajang, Talegong, Sukawening, Cilawu, Wanaraja, dan Cikelet.

Dari 25 unit rumah, sebanyak tiga unit mengalami rusak berat dan 22 unit lainnya mengalami rusak sedang. Sementara, satu rumah sakit yang mengalami kerusakan ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk, Kecamatan Pameungpeuk.

Dampak kejadian tersebut membuat dua orang mengalami luka ringan. Dua orang di Kecamatan Pameungpeuk, satu orang di Kecamatan Cisompet, dan satu orang di Kecamatan Singajaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler