Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Gula Pasir, Harga Cabai di Cirebon Ikut Melonjak

Harga pangan di pasar tradisional wilayah Kabupaten Cirebon mengalami kenaikan pascalibur Lebaran 2024, diantaranya cabai.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Harga pangan di pasar tradisional wilayah Kabupaten Cirebon mengalami kenaikan pascalibur Lebaran 2024, diantaranya cabai.

Berdasarkan informasi dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), Selasa (23/4/2024), jenis cabai yang mengalami kenaikan harga, yakni jenis cabai merah besar, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah.

Untuk cabai merah besar, saat ini seharga Rp45.000 per kilogram. Sedangkan pada pekan sebelumnya, kebutuhan pokok tersebut hanya Rp40.000 per kilogram.

Cabai merah keriting saat ini dijual dengan harga Rp45.000 per kilogram. Sedangkan pekan sebelumnya berada diharga Rp40.000 per kilogram.

Kemudian, untuk kebutuhan pokok jenis cabai rawit merah, turut mengalami kenaikan harga dari harga Rp40.000 per kilogram menjadi Rp45.000.

Pedagang sayur di Pasar Pasalaran Kabupaten, Yani (52) mengatakan, berdasarkan keterangan dari distributor, kenaikan harga terjadi akibat cuaca buruk yang mengakibatkan cabai mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut, kata Yani, biasanya mengalami gagal panen dan para pedagang mendapatkan cabai dengan kualitas kurang baik. "Kalau gagal panen pasti naik. Kondisi ini selalu terjadi saat musim hujan," kata Yani, Selasa (23/4/2024).

Selain cabai, di Kabupaten Cirebon jenis kebutuhan pokok yang terus mengalami lonjakan harga adalah gula pasir.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, Senin (22/4/2024), untuk gula pasir premium saat ini dijual dengan harga Rp18.500 per kilogram. Bulan lalu, harga gula tersebut hanya Rp17.500.

Sementara untuk gula pasir lokal, bulan lalu dijual dengan harga Rp16.000 per kilogram. Namun saat ini, harga gula pasir lokal mengalami kenaikan menjadi 18.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper