Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Kepadatan, Pemudik Diimbau Hindari Puncak Arus Balik di Tol Cipali

Berdasarkan informasi dari Korlantas Polri, puncak arus balik pada Lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada Minggu (14/4/2024) hingga Senin (15/4/2024).
Kemacetan panjang terjadi di tol Cipali/Bisnis
Kemacetan panjang terjadi di tol Cipali/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Astra Infra Toll Road mengimbau kepada pemudik untuk menghindari melakukan perjalanan balik di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada puncak arus balik Lebaran 2024.

Head of Corporate Communications Astra Infra Toll Road Deddy Pradityo Opficon mengatakan berdasarkan informasi dari Korlantas Polri, puncak arus balik pada Lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada Minggu (14/4/2024) hingga Senin (15/4/2024).

"Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan, pemudik diimbau untuk dapat menghindari puncak arus balik," kata Deddy melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Jumat (12/4/2024).

Untuk mengantisipasi kepadatan, Astra Infra Toll Road bakal menerapkan rekayasa lalu lintas one way di ruas tol Cipali yang bakal dilakukan pada Sabtu (13/4/2024) pukul 08.00-24.00 WIB dan Minggu (14/4/2024) 08.00-24.00 WIB.

Menurutnya, penerapan rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian. 

"Kami mengimbau pengguna jalan tol diimbau untuk dapat tetap memperhatikan batas kecepatan di jalan tol luar kota 100 km per jam, menjaga batas jarak aman dengan kendaraan lain, dan menepi ke sisi paling kiri jalan dan menghubungi petugas jika terdapat kendala dalam perjalanan," ujarnya.

Deddy juga mengimbau kepada pengendara untuk tidak memaksakan diri melakukan perjalanan. Kalau lelah, pengemudi diimbau untuk beristirahat di rest area. 

Namun, jika rest area penuh pemudik dapat mencari tempat istirahat ataupun pengisian bahan bakar di luar tol. Nantinya, bisa masuk kembali dan melanjutkan perjalanan tanpa dikenakan biaya tarif tol tambahan. 

"Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, antara lain memastikan tekanan ban, kondisi mesin, hingga kondisi rem kendaraan. Kendaraan yang telah digunakan selama mudik perlu dipastikan kembali masih dalam kondisi prima untuk melakukan perjalanan kembali," imbaunya.

Astra Infra Tol Cipali memprediksi sebanyak 2,1 juta kendaraan melintas Jalan Tol Cipali pada arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali pada Lebaran 2024 ini meningkatkan 2,2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper