Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2024: 119 Ruas Jalan Provinsi Jabar Siap Dilalui Pemudik

Sebanyak 119 ruas jalan yang berpotensi digunakan pemudik, baik jalur utama, alternatif maupun akses tempat pariwisata kondisinya dipastikan siap dilalui.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono memastikan 2.362,183 kilometer jalan milik provinsi mulus menjelang mudik lebaran 2024.

Bambang mengatajan 119 ruas jalan yang berpotensi digunakan pemudik, baik jalur utama, alternatif maupun akses tempat pariwisata kondisinya dipastikan siap dilalui.

"Saya pastikan, sampai H-1 layak digunakan. Aman, tidak menyebabkan adanya risiko kecelakaan," katanya di Bandung, Kamis (4/4/2024).

DBMPR Jabar tetap waspada dengan menyiapkan 48 posko yang tersebar di Jawa Barat, guna memperbaiki bila ditemukan adanya jalan rusak atau lubang baru akibat beban kendaraan, maupun cuaca ekstrem.

"63% jalan kita kondisi umur teknis sudah lewat. Beban lalu lintas tinggi, cuaca ekstrem berpotensi merusak. Posko disiapkan mengantisipasi bencana. (Khususnya) Jawa Barat bagian tengah ke arah selatan, potensi bencana longsor," ucapnya.

Sementara mengenai pemeliharaan dan kondisi jembatan milik provinsii dari 1.296 jembatang, 111 diantaranya sudah berumur di atas 50 tahun. Mengenai situasi ini, pihaknya akan terus berupaya mencari cara supaya bisa direhabilitasi maupun diganti.

"Saya pun minta support pemerintah pusat melalui APBN, diantaranya yang bisa disupport mudah-mudahan tahun sekarang itu Jembatan Citarum yang di Dayeuhkolot, kemudian di daerah Cikadu. Upaya kolaborasi kita coba kedepankan, mudah-mudahan untuk mudik tahun ini sarana prasarana infrastruktur jalan betul-betul bisa melayani," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper