Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Targetkan Harga Beras Turun Sebelum Ramadan

Saat ini harga beras di pasaran sekiter Rp16.000 dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) beras premium Rp12.900. Sedangkan HET beras medium kini mencapai Rp10.900.
Harga beras naik
Harga beras naik

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung memastikan tengah berupaya menurunkan harga beras di pasaran. Targetnya, sebelum puasa bisa turun sekitar Rp2.000 dari harga saat ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menjelaskan saat ini harga beras di pasaran sekiter Rp16.000 dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) beras premium Rp12.900. Sedangkan HET beras medium kini mencapai Rp10.900.

"Kita upayakan sebelum puasa itu bisa turun sekitar Rp2.000 atau Rp3.000. Kita akan perbanyak stok dan gencarkan kegiatan operasi pasar," ungkap Gin Gin, di Bandung, Senin (12/2/2024).

Gin Gin mengungkapkan, saat ini terjadi penurunan produksi beras di sejumlah daerah penghasil. Hal ini diduga menjadi pemicu naiknya harga beras.

"Sebetulnya hampir semua, bahkan tingkat nasional sedang terus mengalami kenaikan. Hari ini kita melakukan survei stok ketersediaan termasuk harga. Kita harap kenaikan ini tidak berlangsung lama," tuturnya.

Selain bantuan pemerintah pusat, Pemkot Bandung pun terus berupaya untuk menekan angka kenaikan tersebut dengan menggelar kegiatan Pasar Murah dan Gerakan Pangan Murah. 

"Kita juga diperkuat dengan kegiatan Pasar Murah dan gerakan pangan murah. Bahkan dari Bulog juga rutin mengeluarkan berasnya ke pasar dan masyarakat," ujar Gin Gin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper