Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUJ Sudah Tanam 7.000 Mangrove di Pesisir Utara Jabar

MUJ merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat selaku pengelola Participating Interest (PI) di Wilayah Kerja Offshore North West Java (ONWJ).
MUJ melakukan reforestasi 7.000 mangrove telah ditanam di sekitar Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Subang sekitar dua tahun ke belakang.
MUJ melakukan reforestasi 7.000 mangrove telah ditanam di sekitar Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Subang sekitar dua tahun ke belakang.

Bisnis.com, BANDUNG--PT Migas Utama Jabar (MUJ) serta anak Perusahaan PT MUJ  ONWJ terus berupaya menunjukkan langkah perlindungan dan pencegahan kerusakan garis pantai di wilayah utara Jawa Barat dari abrasi. 

Ini dilakukan untuk membangun keseimbangan ekosistem karena adanya kegiatan hulu migas yang ada di wilayah utara Jawa Barat. 

Seperti diketahui, MUJ merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat selaku pengelola Participating Interest (PI) di Wilayah Kerja Offshore North West Java (ONWJ).

Pembangunan rumah edukasi bersama Yayasan Wanadri dan melakukan reforestasi 7.000 mangrove telah ditanam di sekitar Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Subang sekitar dua tahun ke belakang. 

Direktur Utama PT MUJ Punjul Prabowo mengatakan kelestarian hutan dan pemberdayaan masyarakat pesisir Utara Jawa Barat merupakan satu keutuhan pengembangan Kawasan restorasi hutan dan area sekitar penyangganya.

“Penanaman bibit mangrove ini implementasi nyata korporasi agar kondisi alam kembali utuh dan warisan generasi masa depan, ini juga  menjadi langkah MUJ menekan emisi karbon,” ungkap Punjul dalam  keterangan resmi MUJ, Kamis (14/12/2023).

MUJ juga menghadirkan ruang edukasi mangrove sebagai upaya  pengelolaan pesisir berkelanjutan yang sangat terbuka bagi lapisan masyarakat sekitar. 

Punjul berharap, ruang edukasi ini meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap aktivitas di ruang pesisir sehingga meminimalkan dampak emisi dan banjir rob.

“Masyarakat juga bisa adaptif terhadap perubahan iklim yang terjadi saat ini. Untuk reforestasi mangrove dan model pemberdayaan ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dalam pengelolaan  aktivitas di pesisir Pantai tersebut,” ujar Punjul.

Di Desa Mayangan, Kabupaten Subang sendiri terjadi pengurangan luasan  mangrove yang cukup signifikan dari tahun ke tahunnya sejak tahun 1999.

Hal tersebut meningkatkan risiko bencana pesisir berupa banjir rob dan  abrasi. Selain itu, terjadi juga penurunan kualitas air laut. Sehingga kata Punjul implementasi Kawasan lindung hutan mangrove dan terumbu karang merupakan hal krusial. 

Sejak dua tahun total sudah 3.096 m2 yang sudah dilakukan penanaman kembali dengan bibit mangrove melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“1.000 bibit mangrove MUJ sudah tanam, sedangkan anak Perusahaan  kami MUJ ONWJ yang strategis mengelola PI di Wilayah Kerjanya sudah  melakukan penanaman kembali sebanyak 6.000 bibit,” tutup Punjul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper