Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operasi Pasar Murah di Sumedang Dirutinkan, Sehari 5 Ton Beras Ludes

Pemerintah Kabupaten Sumedang kembali menggelar Operasi Pasar Murah untuk menekan harga pangan yang stabil di harga tinggi.
Operasi Pasar Murah di Kabupaten Sumedang.
Operasi Pasar Murah di Kabupaten Sumedang.

Bisnis.com, SUMEDANG -- Pemerintah Kabupaten Sumedang kembali menggelar Operasi Pasar Murah untuk menekan harga pangan yang stabil di harga tinggi. 

Kali ini, Pemkab Sumedang Bersama Forkopimda menggelar Operasi Pasar Murah di Alun-alun Tegalkalong, Kecamatan Sumedang Utara, Rabu (11/10/2023). Operasi Pasar salah satu upaya menekan inflasi daerah yang dipicu oleh kebutuhan bahan pokok.

Pj Bupati Herman Suryatman bersama Kapolres AKBP Indra Setiawan memantau langsung operasi pasar murah di Alun-alun Tegalkalong. 

“Operasi pasar ini sebagai tindak lanjut dari pemantauan ke Pasar Inpres, kemarin. Ada beberapa komoditas Bahan Pokok Penting (Bapokting) yang mengalami kenaikan. Tapi ada juga yang stabil dan ada juga yang turun,” katanya.

Harga beras mengalami kenaikan antara 15-20 persen sehingga untuk mengendalikan dilakukan operasi pasar. Beras dari harga acuan penjualan Rp12.000 per kg ternyata di lapangan mencapai Rp14.000 per kg. 

Dalam Operasi Pasar Murah tersebut beras kemasan per 5 Kg dijual Rp49.500. Untuk operasi pasar ini disediakan sebanyak 5 ton dan langsung habis. Selain beras dijual juga gas elpiji 3 kg, terigu, gula, telur, minyak goreng.  

“Setelah berkoordinasi dengan Forkopimda dan Dinas Koperasi UKM PP, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan, Bulog digelar operasi pasar,” katanya.

Herman menyebutkan, beras yang dijual di operasi pasar kualitasnya medium tapi hampir dekat ke premium. 

“Saya cek langsung berasnya tadi bagus kualitasnya medium plus. Jangan sampai operasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah kualitasnya asal-asalan. Kami akan mengikhtiarkan kualitasnya juga yang maksimal,” katanya.

Herman menegaskan, tugasnya menjaga, mengendalikan inflasi di Kabupaten Sumedang harus terkendali dan terjaga. 

“Komitmen kami inflasi di Sumedang harus terkendali. Apapun akan kami lakukan untuk kepentingan masyarakat, karena esensi pemerintah itu melayani masyarakat,” tegasnya

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan menyampaikan, setelah monitoring ke ke Pasar Inpres sehari sebelumnya dengan hasil komoditas Bapokting mengalami kenaikan. 

“Alhamdulilah Pemkab Sumedang Bersama Forkopimda bisa menggelar operasi pasar murah. Kami berharap, harga-harga bisa stabil. Insyallah, kami dari tim pengendali inflasi daerah terus memantau dan menjaga ketersediaan pangan serta mengendalikan inflasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler