Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekeringan di Jabar Diprediksi Terjadi Hingga November

Kondisi kekeringan saat ini yang terjadi di beberapa wilayah memang dipicu oleh musim kemarau.
Lanskap pegunungan yang bakal terdampak kekeringan saat kemarau menjadi-jadi./Ist
Lanskap pegunungan yang bakal terdampak kekeringan saat kemarau menjadi-jadi./Ist
Bisnis.com, BANDUNG — Badan Meteorologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat memprediksi kekeringan akan berakhir Oktober-November 2023. 
Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Rakhmat Prasetia mengatakan, kondisi kekeringan saat ini yang terjadi di beberapa wilayah memang dipicu oleh musim kemarau. 
"Berdasarkan prediksi kami, itu nanti baru akan ada hujan dengan intseitas rutin itu sekitar akhir Oktober-November 2023. Di bulan September ini sudah ada hujan tapi secra akumulasi tidak akan banyak," ujar Rakhmat dikutip, Minggu (10/9/2023).
Menurutnya kondisi kemarau saat ini memang berbeda dari beberapa tahun sebelumnya. Kondisi ini dirasakannya juga dipicu karena El Nino, namun statusnya masih dalam lemah belum mencapai kuat. 
"Ini sangat beda, tahun ini sangat lebih panjang dibandingkan dua tahun terakhir. Jadi selain kondisi kemaraunya normal, El Nino nya dalam level sedang, maka potensi penurunan curah hujannya tinggi," ungkapnya. 
Rakhmat menegaskan, hujan dengan intensitas rendah akan turun pada akhir bulan depan. Krisis air bersih dan potensi kebakaran lahan juga akan menurun. Namun untuk wilayah yang akan merasakan hujan di mulai dari Pantura Jawa Barat. 
"Jadi curah hujan di Jabar prediksi akan terjadi di akhir Oktober-November dengan diawali di daerah Pantura dulu. Tapi yang jelas puncak tidak ada hujan. Ini tertinggi di bulan Agustus," katanya. 
Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mencatat ada 15 kabupaten kota yang mengalami kesulitan air bersih sejak Januari-September 2023. 
Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Hadi Rahmat mengatakan, kesulitan air bersih disebabkan karena musim kemarau panjang. "Lima belas Kabupaten/Kota terdampak kemarau, warga banyak yang kekurangan air bersih," ujar Hadi, Rabu (6/9/2023).
Hadi menjelaskan, 15 kabupaten kota yang mengalami kesulitan air bersih ini yaitu; Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Garut, Bandung Barat, Bandung, Purwakarta, Majalengka, Karawang, Subang, Cirebon, Pangandaran dan lainnya.
"Ada 64 kecamatan dan 156 desa di Jabar yang terdampak kekeringan ini. Desa ini kesulitan air bersih," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper