Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tugas Awal Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin : Tuntaskan Masalah Kebakaran Sarimukti

Penanganan kebakaran sampah di TPA Sarimukti yang membuat status Bandung Raya darurat sampah akan menjadi fokus.
Masalah sampah di wilayah Segitiga Rebana./Ist
Masalah sampah di wilayah Segitiga Rebana./Ist

Bisnis.com,BANDUNG — BeyMachmudin resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Jawa Barat. Sejumlah pekerjaan rumah yang belum selesai di era Ridwan Kamil sudah menunggu, salah satunya penuntasan kebakaran TPA Sarimukti.

Plh Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan tidak ada tugas yang menonjol untuk Bey di pekan-pekan awal memerintah Jawa Barat. Namun, penanganan kebakaran sampah di TPA Sarimukti yang membuat status Bandung Raya darurat sampah akan menjadi fokus.

"Tugas paling menonjol ada pemulusan jalan, kita selesaikan lagi. Kemudian masalah sampah (di TPA Sarimukti)," katanya dikutip Selasa (5/9/2023).

Saat ini TPA Sarimukti masih dilakukan pemadaman beberapa titik sumber api. Pemprov Jabar juga kini sudah membuka TPA darurat di sekitar lokasi kebakaran. 

"Kemarin ini kan sampah yang tidak bisa dikirim, kita buka zona satu sampai empat. Tapi ini juga ada beberapa syarat yang harus ditempuh oleh Bandung Raya. Salah satunya sampah harus bisa dipilah 40-50 persen," ungkapnya. 

Setiawan memastikan, TPA sementara yang telah disediakan Pemprov Jawa Barat ini sangat aman dari titik kobaran api. Sehingga sampah yang akan dibuang dari kabupaten dan kota di Bandung Raya tidak akan terbakar. 

"Itu zona satu sampai empat ini lahan aman, ini bisa kami gunakan. Namun ini tetap ada pembatasan, kami hitung sampai TPPAS Legok Nangka beroperasi. 2024 akhir beroperasi," katanya.

Mendagri Tito Karnavian resmi melantik Bey Triadi Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat bersama 8 Pj gubernur provinsi lain di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (5/9/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper