Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pekerjaan Rumah Bey Machmudin Sektor Ekonomi Pasca Dilantik Pj Gubernur Jabar

Khusus di sektor ekonomi, Bey diminta harus mampu menggeber realisasi investasi.
Presiden Joko Widodo menunjuk Bey Triadi Machmudin menjadi Pj Gubernur Jawa Barat. JIBI/Bisnis-Akbar Evandio
Presiden Joko Widodo menunjuk Bey Triadi Machmudin menjadi Pj Gubernur Jawa Barat. JIBI/Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, BANDUNG—Sederet pekerjaan rumah telah menanti Bey Machmudin jelang pelantikannya sebagai penjabat (Pj) gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat menilai Bey harus tak kalah gahar dari kinerja Ridwan Kamil yang sudah meletakan pondasi perekonomian agar Jawa Barat terus melaju.

Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Cucu Sutara mengatakan, capaian yang telah disabet oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil harus berlanjut dan ditingkatkan.

Cucu meyakini, kapasitas Bey yang memiliki latar belakang dunia pembangunan dan perekonomian akan membuat ia mudah melanjutkan estafet kepemimpinan sebelum gubernur definitif selanjutnya dipilih rakyat.

"Saya optimistis dan yakin Kang Bey ini bisa cepat bekerja, apa lagi beliau orang Istana, pasti gayanya tidak akan jauh berbeda dengan Joko Widodo," ungkap Cucu saat ditemui di Bandung, Senin (4/9/2023).

Menurut Cucu ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh Bey pasca dilantik menjadi orang nomor 1 di Jawa Barat. Khusus di sektor ekonomi, Bey diminta harus mampu menggeber realisasi investasi.

Namun Cucu menggaris bawahi, investasi ini nantinya harus berbanding lurus dengan serapan tenaga kerja lokal dan juga industri kecil menengah (IKM).

"Investasi ini harus berimplikasi langsung terhadap kesejahteraan masyarakat, utamanya soal serapan tenaga kerja dan pelibatan IKM di dalamnya," jelasnya.

Terlebih saat ini Jawa Barat berdasarkan catatan Kementerian Investasi/BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), menjadi daerah nomor satu soal serapan investasi.

Sehingga ini bisa menjadi akselerator Bey dalam menjalankan tugasnya.Selanjutnya, soal pariwisata. Menurut Cucu sektor ini menjadi sektor unggulan yang bisa dioptimalkan oleh Bey dalam menggerakan roda perekonomian di daerah. Sehingga sektor ini harus dioptimalkan agar dua tonggak pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat ini bisa meningkat.

"Pariwisata ini juga bisa menyerap banyak tenaga kerja, jadi ini pun harus dioptimalkan," ungkapnya.

Selain itu, urusan infrastruktur pun kata Cucu harus menjadi perhatian. Lantaran, saat ini di Jawa Barat ada sejumlah pekerjaan nasional yang menyangkut konektivitas antar daerah. Salah satunya adal Proyek Tol Getaci.

"Infrastruktur juga harus dikawal. Ini penting karena menyangkut konektivitas," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper