Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangis Ridwan Kamil di Apel Terakhir Bareng ASN dan Pejabat Pemprov, Ini Pesannya

Ridwan Kamil berpamitan sebelum purnatugas sebagai Gubernur Jabar pada 5 September 2023 besok.
Tangis Ridwan Kamil di Apel Terakhir Bareng ASN dan Pejabat Pemprov/Wisnu Wage Pamungkas
Tangis Ridwan Kamil di Apel Terakhir Bareng ASN dan Pejabat Pemprov/Wisnu Wage Pamungkas

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus memanfaatkan momen-momen terakhirnya menjabat untuk berpamitan dan berkomunikasi dengan banyak pihak termasuk aparatur sipil negara (ASN).

Salah satunya momen apel pagi terakhir yang digelar di halaman Gedung Sate, Bandung, Senin (4/9/2023). Berbeda dari apel biasa, kali ini seluruh peserta apel pagi yakni jajaran pejabat Pemprov bersama ASN duduk lesehan di depan Gedung Sate.

Ridwan Kamil selama hampir 20 menit menuturkan banyak hal sebelum akhirnya mengajak Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum berpamitan. Ridwan Kamil berupaya membakar semangat ASN namun juga terselip banyak keharuan.

Sementara yang lain lesehan, Ridwan Kamil berkeliling dan berdialog dengan sejumlah ASN muda. Ia juga berupaya memancing tawa dari para peserta. Suasana dibuat santai dan nyaman.

Dia meminta ASN Pemprov Jabar tetap menjadi pelayan publik yang terbaik, meneruskan prestasi yang sudah dicapai.

Menurutnya ASN harus banyak bersyukur karena saat Covid-19 banyak warga kehilangan pendapatan kecuali ASN. “Nikmat Allah mana lagi yang kamu dustakan?” ujarnya.

Menurutnya 555 penghargaan harus dipertahankan, dan ASN harus siap beradaptasi siapapun yang akan menggantikan dirinya. Dia meminta ASN tetap fokus bekerja dan menghasilkan karya. 

“Saya titip jangan balik kanan, harus maju ke depan, dukung Pak Bey [Machmudin] sebagai Pj [gubernur] baru,” tuturnya.

Ridwan Kamil juga bercerita kehilangan besarnya terkait kepergian Almarhum Eril putra pertamanya. Dia mengaku kesedihan dan lukanya berupaya ditekan dalam hati agar bisa tetap bekerja sebagai gubernur.

Usai panjang lebar, ia lantas memanggil Uu untuk maju ke depan bersama Attalia Praratya dan Lina Ruzhanul. Ridwan Kamil meminta maaf dan berterima kasih serta meminta doa dari seluruh ASN.

“Jaga kemuliaan Gedung Sate, titip Jawa Barat harus selalu menjadi yang terbaik, harus selalu menjadi juara,” katanya sambil menahan tangis. 

Uu Ruzhanul yang diberi kesempatan untuk memberikan sepatah kata hanya meminta doa dari para ASN agar Ridwan Kamil menempuh kesuksesan, begitu juga dirinya. Uu kemudian menutup apel pagi dengan doa. 

Ridwan Kamil akan meletakan jabatan pada 5 September besok, posisinya akan diisi oleh penjabat gubernur Bey Machmudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper