Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih dari 15.000 Hewan Ternak Dibagikan ke Peternak di Bandung Barat

Para peternak di Kabupaten Bandung Barat semringah karena mendapatkan lebih dari 15.000 ekor hewan ternak dari Pemerintah KBB.
Peternak di Kabupaten Bandung Barat.
Peternak di Kabupaten Bandung Barat.

Bisnis.com, BANDUNG -- Para peternak di Kabupaten Bandung Barat semringah karena mendapatkan lebih dari 15.000 ekor hewan ternak dari Pemerintah KBB. 

"Lebih dari 15.000 hewan ternak kami berikan untuk masyarakat. Semoga membawa keberkahan. Aamiinn," tulis Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, dikutip Selasa (22/8/2023).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung Barat, Undang Husni Tamrin mengatakan lebih dari 15.000 hewan ternak dibagikan kepada para peternak selama 5 tahun sejak 2018 hingga 2023 di 16 Kecamatan. 

Dia menjelaskan hewan ternak yang dibagikan merupakan domba, kambing, sapi perah, itik dan ayam petelur.

Namun sebagian besar adalah domba/kambing karena punya tingkat produktivitas yang tinggi. Dalam 2 tahun, domba bisa beranak hingga 3 kali atau total 9 kali anakan seumur hidupnya.

"Hewan ternak dibagikan kepada kelompok peternak mulai dari yang masih merintis hingga yang skala peternak yang sudah besar agar lebih berkembang," katanya.

Lebih lanjut Undang menjelaskan pemberian hewan ternak bertujuan untuk mendorong perekonomian Bandung Barat khususnya dari sektor peternakan. Terlebih ada 8 pasar hewan ternak yang ikut mendorong roda ekonomi masyarakat di KBB, dan yang terbesar adalah pasar ternak di Padalarang.

Selain itu, kata Undang, pemberian hewan ternak yang didatangkan dari luar daerah ini akan meningkatkan populasi ternak di KBB. Adapun populasi domba saat ini di Bandung Barat sekitar 200.000 ekor.

Pihaknya berharap para peternak yang mendapatkan bantuan mampu menjaga dan merawat hewan ternak tersebut dengan sebaik-baiknya.

Para peternak juga diharapkan naik kelas menjadi seorang pengusaha yang mampu memberikan nilai tambah di sektor peternakan sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

"Hewan ternak yang dibagikan merupakan betina agar semakin banyak populasinya. Selain meningkatkan ekonomi juga untuk ketahanan pangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dadi Haryadi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper