Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Taman Seribu Cahaya, Menikmati Sunrise Bak di Raja Ampat

Destinasi yang terletak di Desa Pakualam dan Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang ini langsung menghadap ke Bendungan Jatigede.
Pemandangan dari atas Taman Seribu Cahaya di Kawasan Wisata Jatigede, Kabupaten Sumedang./Bisnis-Rachman
Pemandangan dari atas Taman Seribu Cahaya di Kawasan Wisata Jatigede, Kabupaten Sumedang./Bisnis-Rachman

Bisnis.com, SUMEDANG -- Destinasi wisata Taman Seribu Cahaya di Kabupaten Sumedang menjadi destinasi unggulan yang saat ini berkembang pesat. Kawasan yang saat ini dikelola oleh The Lodge Group ini menawarkan banyak suguhan wisata yang menarik. 

Destinasi ini baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersamaan dengan peresmian Menara Kujang Sapasang, Minggu (13/8/2023).

Destinasi yang terletak di Desa Pakualam dan Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang ini langsung menghadap ke Bendungan Jatigede. Lantaran berada di atas ketinggian, lokasi ini sudah biasa digunakan untuk aktivitas olahraga paralayang.

Pasca dikelola oleh The Lodge, di kawasan tersebut kini memiliki banyak wahana baru tidak hanya menjadi titik aktivitas paralayang. Beberapa di antaranya adalah cahaya walk, cahaya resto, wahana skyplane, gantolem ATV, Playground hingga area camping yang menarik.

Berdasarkan pantauan Tim Jelajah Investasi Infrastruktur Bisnis Indonesia, kawasan tersebut bertumbuh pesat dalam kurang dari 2 tahun. Sebelumnya, akses jalan hingga titik aktivitas paralayang masih belum tertata dengan baik. Namun, saat ini penataan mulai terlihat, mulai dari penyediaan pendopo, cafe, area parkir, hingga fasilitas lain yang membuat pengunjung bisa berlama-lama menikmati wahana di kawasan tersebut.

Dari lokasi Taman Seribu Cahaya, pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang pemandangan hamparan pulau-pulau kecil Waduk Jatigede. Bahkan, jika cuaca sedang tidak terlalu terik, pengunjung bisa menikmati pemandangan beralaskan bean bag yang disediakan oleh pengelola.

Selain itu, kawasan Taman Seribu Cahaya sangat cocok dikunjungi pagi hari untuk menikmati pemandangan semburat matahari terbit tepat dari arah depan kawasan tersebut. Nantinya, pengunjung bisa menikmati Menara Kujang Sapasang dan Mesjid Al-Kamil dari kejauhan dengan latar belakang Gunung Ciremai yang memesona.

Saat ini, di kawasan tersebut sudah bisa melayani fasilitas camping bagi pengunjung yang ingin menikmati indahnya sunrise dari atas ketinggian dengan pemandangan utama Waduk Jatigede, pulau-pulau kecil, Menara Kujang Sapasang, Mesjid Al-Kamil sekaligus dengan megahnya Gunung Ciremai secara bersamaan.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Investasi Jabar Juara 2023. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR), Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bank BJB, Migas Utama Jabar, Bank Indonesia Jawa Barat, EIGER dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper