Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2023: Usung Tiga Tema Promosi Investasi dan Hilirisasi

WJIS merupakan agenda melanjutkan pengelolaan persepsi positif sekaligus mendorong realisasi investasi di Jawa Barat.
PLTS Terapung Cirata 145 MW yang terbesar di Asia Tenggara/BKPM
PLTS Terapung Cirata 145 MW yang terbesar di Asia Tenggara/BKPM

Bisnis.com, BANDUNG—Bank Indonesia Jawa Barat bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat kembali menggelar West Java Investment Summit (WJIS) 2023.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Bambang Pramono mengatakan WJIS merupakan agenda melanjutkan pengelolaan persepsi positif sekaligus mendorong realisasi investasi di Jawa Barat.

“Ini event strategis tahunan yang mempertemukan potential investor dengan berbagai prospective project oleh para project owner di Jawa Barat bertajuk West Java Investment Summit (WJIS) 2023. Mengambil tema “Invest in Sustainable Growth”, pada tahun ini WJIS 2023 akan berfokus pada investasi yang mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan,” tuturnya.

Menurutnya pada  WJIS 2023 kali ini pihaknya akan fokus pada promosi investasi proyek dengan tema (1) Downstream Industries, (2) Renewable Energy, (3) Vocational Education System, dan (4) New Investment Areas. 

Tak hanya urusan investasi, WJIS 2023 juga berperan dalam upaya mencari alternatif pembayaran khususnya pada hilirisasi industri pengolahan dan renewable energi. Langkah tersebut penting dilakukan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi domestik melalui akselerasi alternatif pembiayaan daerah guna menjaga kinerja sektor industri manufaktur yang merupakan penopang perekonomian Jawa Barat agar tetap tumbuh semakin berkelanjutan.

Untuk mendukung penggunaan sumber ramah lingkungan dan implementasi ekonomi sirkular, rangkaian pre-event WJIS dilanjutkan dengan gelaran West Java Energy Forum (WJEF) yang digelar pada 26 Juni 2023, yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Kementerian ESDM, perwakilan kedutaan negara sahabat, asosiasi daerah penghasil migas dan energi terbarukan, perbankan, akademisi hingga projects owners sektor energi baru terbarukan di Jawa Barat. 

Dalam WJEF 2023, sekaligus diresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di halaman kantor Bank Indonesia Jawa Barat yang sekaligus menjadi kantor perwakilan Bank Indonesia di dalam negeri yang memiliki SPKLU.

WJIS 2023 akan dipusatkan di Mason Pine Hotel, Bandung Barat, pada Rabu (9/8/2023).

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Investasi dan Infrastruktur Jabar Juara 2023. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR), Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bank BJB, Migas Utama Jabar, Bank Indonesia Jawa Barat, EIGER dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper