Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumedang Luncurkan Aplikasi Sinurmi, Tekan Stunting Lewat Smart Watch

Aplikasi Sinurmi merupakan hasil kerja sama pemkab dengan PT Alita dan Indosat dimana 1.000 gelang dibagikan pada Agustus dan 7.000 lebih di akhir 2023.
Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman
Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman

Bisnis.com, SUMEDANG -- Pemerintah Kabupaten Sumedang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Remaja Putri dan Ibu Hamil (Sinurmi). Uniknya aplikasi tersebut terdapat dalam smart watch (gelang pintar) untuk memantau kesehatan pemakainya. 

Peluncuran dirangkaikan dengan Gerakan Bersama (Geber) Lawan Stunting di Kantor Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya yang ditandai dengan penyerahan bantuan telur dan bantuan Sembako dari Presiden RI untuk masyarakat di Ujungjaya, khususnya ibu hamil, balita stunting dan masyarakat miskin.

Sekda Herman Suryatman menyebutkan aplikasi Sinurmi merupakan hasil kerja sama Pemkab Sumedang dengan PT Alita dan PT Indosat dimana 1.000 gelang dibagikan pada bulan Agustus 2023 dan 7.000 lebih di akhir 2023. 

"Untuk tahap pertama, Agustus mendatang kami akan berikan 1.000 gelang pintar untuk ibu hamil. Hari ini simbolis kepada empat orang. Dan akhir tahun kami akan lengkapi jumlahnya sekitar tujuh ribu lebih," ujarnya.

Melalui aplikasi Sinurmi para pengguna mendeteksi secara langsung baik itu tekanan darah, detak jantung, saturasi, lokasi, jumlah langkah maupun lokasi ibu hamil. 

"Kita bisa mendeteksi lima hal. Itu dalam rangka deteksi dini. Jadi kalau ada ibu hamil terganggu detak jantung dan tekanan darahnya, langsung diintervensi," ujarnya.

Direktur Utama PT Alita Teguh menyebutkan, kerja sama antar Pemda Sumedang dengan PT. Alita diharapkan menjadi dukungan terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

"Gelang ini akan mendeteksi kesehatan ibu hamil dan mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. Sehingga bisa lahir generasi-generasi yang akan lebih baik lagi," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler