Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wabup Sumedang Pastikan Tidak Ditemukan Hewan Kurban Terindikasi PMK dan LSD

Jelang pelaksanaan Iduladha 1444 Hijriah, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan memastikan hewan kurban di Kabupaten Sumedang layak untuk dikonsumsi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG -- Jelang pelaksanaan Iduladha 1444 Hijriah, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan memastikan hewan kurban di Kabupaten Sumedang layak untuk dikonsumsi.

Ia mengklaim belum ditemukan adanya kasus hewan ternak terindikasi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD) di daerahnya. 

“Tidak ada laporan kepada saya, adanya hewan kurban yang terindikasi PMK dan LSD,” ujar Erwan, Selasa (27/6/2023). 

Menurut Erwan, Pemda Sumedang melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Sumedang bersama pihak terkait lainnya terus melakukan pemantauan agar hewan kurban di Sumedang ini benar-benar dalam kondisi sehat. Bahkan, layak untuk dikonsumsi masyarakat.

“Pemantauan terhadap hewan kurban ini sudah jauh-jauh hari dilakukan. Terlebih, pemantauan dilakukan terhadap hewan yang masuk ke Sumedang hingga ke sejumlah para peternak sapi maupun domba,” ungkapnya.

Menurut Erwan, selain menjamin hewan kurban sehat dan bebas dari penyakit hewan. Dirinya juga memastikan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban agar dapat memenuhi persyaratan syariat Islam dan kesejahteraan hewan.

“Begitupun proses pendistribusian daging kurban juga yang harus memenuhi persyaratan higienis dan sanitasi, serta keamanan pangan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper