Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kantongi Pemenang Lelang TPPAS Legok Nangka

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan sudah mengantongi calon pengelola Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan sudah mengantongi calon pengelola Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka, Kabupaten Bandung.

Ridwan Kamil memastikan pemenang lelang akan diumumkan oleh pihaknya pada 3 Agustus 2023 mendatang.

"Agustus diumumkan tanggal 3. Sudah ada pemenangnya, tinggal diumumkan mana yang paling bagus," katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (26/6/2023). 

Pihaknya juga memastikan teknologi yang akan diterapkan di TPPAS Legok Nangka tidak akan berbeda dari perencanaan sebelumnya. 

Pemenang tender nantinya akan merubah sampah menjadi energi yang kemudian dimanfaatkan oleh PLN. 

"Teknologi masih sama, karena sampah itu harus dikelola menjadi energi dan energi menjadi bisnis untuk membiayai investasi yang diperuntukan nilainya tidak sedikit," ungkapnya. 

PLN sendiri sebelumnya sudah memastikan akan bekerjasama dengan Pemprov Jabar untuk pemanfaatan energi hasil pengelola sampah."Mayoritas masih PLN (pemanfaatan energi TPPAS Legok Nangka)," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar, Prima Mayaningtyas mengatakan, TPPAS Legok Nangka akan menjadi solusi dalam penanganan sampah di kawasan Bandung Raya plus Garut.

"TPPAS Legok Nangka nantinya dapat mengolah sampah berkapasitas 1.800 ton per hari yang berasal dari enam daerah tersebut," kata dia. 

Dengan teknologi ramah lingkungan waste to energy , Legok Nangka bakal menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dengan kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 18 Megawatt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper