Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komitmen Program TJSL Berkelanjutan, MUJ Sabet Penghargaan

PT Migas Utama Jabar (MUJ) meraih penghargaan TOP Corporate Social Responsibility (CSR) Awards 2023.
Direktur Utama MUJ Begin Troys
Direktur Utama MUJ Begin Troys

Bisnis.com, BANDUNG--PT Migas Utama Jabar (MUJ) meraih penghargaan TOP Corporate Social Responsibility (CSR) Awards 2023.

Penghargaan dari Majalah Top Business diberikan kepada MUJ berkat komitmen Perseroan menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) secara berkelanjutan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat.

Penghargaan serupa juga diterima Direktur Utama MUJ Begin Troys yang menjadi Top Leader on CSR Commitment 2023.

Sebagai pucuk pimpinan BUMD bidang energi tersebut, Begin dinilai telah menjalankan kegiatan TJSL termasuk dukungan kebijakan, kelengkapan sistem dan tata kelola untuk implementasi program.

“Syukur alhamdulilah kita meraih penghargaan ini, karena komitmen MUJ, Program TJSL bukan hanya program pelengkap, namun merujuk semangat Permen ESDM No. 37/2016, TJSL harus dijalankan untuk bisa menguatkan keberadaan MUJ secara positif melalui kemanfaatan langsung ke masyarakat, dengan demikian rasa memiliki & kebanggaan masyarakat kepada MUJ bisa melahirkan dukungan keberlanjutan kepada MUJ dalam menjalankan program usahanya ” kata Begin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/6/2023).

Direktur Keuangan & Umum MUJ Punjul Prabowo menambahkan, sebagai perusahaan yang menjalankan bisnis energi, Perseroan menyadari kegiatan bisnisnya memiliki karakteristik spesifik yang tentu memiliki dampak bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Misalnya dari adanya penggunaan peralatan produksi berteknologi tinggi (high technology) dan lainnya. Karena itu, kebijakan program TJSL dijalankan demi kelangsungan operasi perusahaan.

Secara umum, MUJ memiliki TJSL berkelanjutan untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Program CSR maupun Comdev yang dilakukan juga selaras dengan komitmen perusahaan untuk meminimumkan dampak negatif dan memaksimumkan dampak positif dari operasinya dalam mendukung masyarakat di ranah ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingannya.

“Menyadari hal ini, perusahaan dalam menerapkan strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, senantiasa juga menempatkan aspek Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan maupun CSR sebagai bagian yang tak terpisahkan,” terang Prabowo.

Dikatakan, dalam menyusun program TJSL, perusahaan juga melibatkan kelompok-kelompok masyarakat (Community Development) atau menggunakan sistem kolaborasi dengan pihak lainnya.

Hal ini untuk menjadi bagian dari program-program TJSL dalam hal perencanaan hingga implementasi dan membangun hubungan kepercayaan antara stakeholder baik langsung maupun tidak langsung. Lokasi diprioritaskan pada wilayah ring satu wilayah kerja dan sekitarnya.

“Secara umum perusahaan menggunakan metode partisipasi masyarakat yang dinamis dan senantiasa menerima perubahan-perubahan dalam penyempurnaannya. Dalam hal ini, perusahaan mengambil posisi sebagai fasilitator, inisiator dan katalisator kolaborasi,” ujarnya.

Adapun beberapa program CSR yang jadi unggulan di antaranya mencakup bidang Pendidikan, isu sosial & Kesehatan, pemberdayaan ekonomi, bidang lingkungan, serta pemberdayaan perempuan sudah dijalankan.

“Semangatnya progra diselaraskan dengan upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan bagi masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.

Dengan memiliki program-program TJSL berkelanjutan MUJ diganjar “TOP CSR Awards 2023 yang dikategorikan Sangat Baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper