Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Peserta Program Petani Milenial Kini Bisa Melanglang Buana

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempertajam strategi marketing produk hasil binaan peserta Program Petani Milenial, melibatkan ritel hingga pameran luar negeri.
Ilustrasi/petanimilenial.jabarprov.go.id
Ilustrasi/petanimilenial.jabarprov.go.id

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempertajam strategi marketing produk hasil binaan peserta Program Petani Milenial, melibatkan ritel hingga pameran luar negeri.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan Program Petani Milenial yang digulirkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sejak 2021 lalu merupakan program yang bertujuan untuk melahirkan regenerasi petani. Mencetak petani muda yang memahami proses budidaya, kredit perbankan hingga pemasaran.

“Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat sesuai tupoksinya turut mendorong agar Program Petani Milenial yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa memanfaatkan dan mengenalkan pada pasar yang lebih luas salah satunya fasilitasi pameran di luar negeri,” katanya Kamis (25/5/2023)

Menurutnya Disperindag Jawa Barat sejak tahun lalu telah memfasilitasi hasil budi daya yang dikembangkan petani milenial bisa dikenal luas oleh masyarakat luas.  

Fasilitasi pameran di dalam dan luar negeri adalah bentuk dukungan riil Disperindag Jawa Barat pada perjuangan para peserta mengikuti program Petani Milenial. 

Tak hanya fasilitasi pameran, sebagai bentuk keseriusan, bekerjasama dengan pengelola ritel dan BUMN, Disperindag Jawa Barat telah berhasil membuka Gerai Petani Milenial. Lokasi Gerai Petani Milenial  saat ini sudah berada di Mal Botanic Square, Kota Bogor; Cihampelas Walk, Kota Bandung; dan PT KAI Daops 2 Bandung.

Kepala Biro Perekonomian Setda Jabar Yuke Mauliani Septina menambahkan program ini tidak lagi bertumpu pada BUMD PT Agro Jabar sebagai offtaker. Sejak 2022, pihaknya terus menambah jumlah offtaker.

“Penambahan offtaker terus diidentifikasi, OPD ikut memvalidasi terkait pemasarannya,” ujarnya.

Menurutnya diharapkan hasil usaha para peserta Petani Milenial bisa melebarkan sayap baik di pasar domestik maupun luar. Karena itu pada batch 2 program ini, ada komoditas yang tidak cukup kuat dipasar diganti dengan yang lebih menjanjikan.

“Masalah perdagangannya kini juga melibatkan Disperindag,” pungkasnya.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Petani Milenial Juara. Kerja jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Hoetikultura Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, dan Bank BJB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper