Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Komoditas Ini Dominasi Ekspor Kabupaten Cirebon

Disperdagin Kabupaten Cirebon mencatat sebanyak 15 komoditas ekspor unggulan mendominasi selama lima tahun terakhir. 
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon mencatat sebanyak 15 komoditas ekspor unggulan mendominasi selama lima tahun terakhir. 

Belasan komiditas ekspor unggulan tersebut yaitu, furnitur rotan, briket kelapa, furnitur kayu, furnitur sintetis, olahan kayu, furnitur alumunium, sepatu, ubi manis, dan meshu sheet.

Selain itu, komiditas unggulan lainnya dari Kabupaten Cirebon yaitu, ikan beku, cumi beku, daging rajungan, gurita beku, udang beku, siput, kerang beku, dan ikan asin.

Pelaksana Tugas Kabid Perdagangan dan Pengendalian Harga Pokok Penting Ine Triana mengatakan, dari belasan komoditas tersebut, furnitur rotan mencatatkan nilai terbesar hingga US$85,9 juta.

Urutan kedua terbesar dalam ekspor di Kabupaten Cirebon, lanjut Ine, diduduki oleh briket kelapa dengan capaian hingga US$63,5 juta.

“Total tersebut dicatatkan pada 2022. Kami prediksi, belasan komoditas tersebut akan tetap mendominasi pada 2023,” kata Ine di Kabupaten Cirebon, Rabu (24/5/2023).

Ine menyebutkan, sepanjang 2022 nilai ekspor yang berhasil dicapai Kabupaten Cirebon sebesar US$428 juta. Angka tersebut lebih rendah dari 2021 yang menembus angka US$456 juta.

Penurunan angka tersebut, kata Ine, terjadi akibat adanya beberapa konflik global, mulai dari perang antara Rusia dengan Ukraina hingga pandemi Covid-19.

“Kondisi tersebut benar-benar mempengaruhi kinerja ekspor. Kami optimis tahun ini bisa meningkat, apalagi sekarang mulai kembali ramai,” kata Ine.

Berdasarkan catatan Disperdagin, negara tujuan ekspor dari Kabupaten Cirebon yaitu, Korea, Australia, Amerika Serikat, Jepang, China, Yordania, Singapura, Kanada, Filipina, India, dan Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper