Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantaragung Majalengka Masuk 75 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Desa Bantaragung di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, masuk ke dalam 75 besar sebagai desa wisata terbaik di Indonesia. 
Potensi wisata di Desa Bantaragung di antaranya Ciboer Pass./Bisnis
Potensi wisata di Desa Bantaragung di antaranya Ciboer Pass./Bisnis

Bisnis.com, MAJALENGKA - Desa Bantaragung di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, masuk ke dalam 75 besar sebagai desa wisata terbaik di Indonesia. 

Direktur Tata Kelola dan Destinasi Wisata Bidang Pengembangan Destinasi Dan Infrastruktur Kemenparekraf Indra mengatakan penghargaan merupakan Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023.

Menurut Indra, Desa Wisata Bantaragung ini memiliki potensi alam yang luar biasa, selain wisatanya, kehadiran budaya di desa tersebut bisa berkembang lebih pesat. 

"Kemenparekraf menganugerahkan Desa Bantaragung ini sebagai salah satu dari 75 Desa Wisata terbaik di Indonesia. Selain itu daya tarik kuliner dengan ekonomi kreatifnya sangat menunjang sekali," kata Indra di Kabupaten Majalengka, Rabu (10/5/2023). 

Desa Wisata Bantaragung merupakan desa yang ada di wilayah barat Kabupaten Majalengka dengan sebagian masyarakat bermatapencaharian sebagai petani. 

Desa tersebut memiliki potensi fisik yang mampu mendukung pembangunan desa wisata antara lain letak desa, antara lain, berada di kaki Gunung Ciremai, akses memadai, dan panorama alam. 

Potensi wisata di desa tersebut di antaranya, Ciboer pass, Curug Cipeuteuy, Batu Asahan, Buper Awilega, dan Bukit Batu Semar. 

Selain potensi wisata, Desa Wisata Bantaragung memiliki sejumlah kegiatan kearifan lokal, di antaranya, ritual budaya nyura, safar, tani hayati, marak lauk, hingga festival durian. 

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana berharap, adanya penghargaan tersebut dapat memberikan semangat dan motivasi bagi desa wisata lainnya di Majalengka. 

"Kabupaten Majalengka bisa lebih unggul dibandingkan daerah lainnya di Indonesia karena ada di Bandara Internasional Kertajati. Sehingga, bisa dilihat secara langsung," kata Tarsono. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper