Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

600.000 Wisatawan Melancong ke Jabar Selama Libur Lebaran

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar mencatat ada 600.000 lebih wisatawan berlibur di sejumlah destinasi selama libur Idulfitri 1444 H.
Pantai Batu Hiu Pangandaran./pixgallarehd.com
Pantai Batu Hiu Pangandaran./pixgallarehd.com

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar mencatat ada 600.000 lebih wisatawan berlibur di sejumlah destinasi selama libur Idulfitri 1444 H.

Kepala Bidang Destinasi Wisata, Disparbud Provinsi Jabar Ani Widiani mencatat rata-rata objek wisata yang ada di Jabar dipenuhi wisatawan. Pangandaran dan Bogor terhitung paling banyak dikunjungi.

"Total ada 600 ribuan yang melakukan kunjungan destinasi wisata di Jabar. Dari, sisi kapasitas 70 persen dari setiap destinasi wisata dan ada yang melonjak," katanya di Bandung, Rabu (3/5/2023).

Kunjungan ke Pangandaran masih mendominasi dibandingkan dengan kawasan Puncak Bogor yang mengalami kemacetan parah.

"Paling banyak dikunjungi adalah Pantai Pangandaran, berdasarkan data yang masuk Pantai Pangandaran ini dikunjungi sebanyak 118.670 orang," ucapnya.

Pangandaran lebih ramai dikunjungi diakibatkan faktor wilayah yang berdekatan dengan Jawa Tengah.

"Kebun Raya Bogor 46.000 orang Sari Ater di Kabupaten Subang 40.000 orang Pantai Batu Karas ini masih wilayah Pangandaran ya 31.000 orang kemudian Taman Safari tentunya ini sudah tertebak ya di Kabupaten Bogor 23.000 orang," ungkapnya.

Sementara wilayah lain di Bandung Raya juga masih menjadi primadona wisawatan untuk mengisi kekosongan usai libur lebaran 2023. Seperti Kabupaten Bandung Barat, yang mencatat kunjungan tinggi.

"Floating market Ini juga masih banyak ternyata ada 16.000 orang. Hasil pemantauan kami kemudian di wilayah Lembang di KBB ini 15.000 orang jadi lumayan banyak yang melakukan aktivitas wisata di masa libur lebaran," katanya.

Terkait asal wisatawan yang datang ke objek wisata yang ada di Jabar sendiri kebanyakan berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Namun, ada juga beberapa wisatawan yang dari wilayah lokal Jabar. Mereka hanya melakukan kunjungan wisata di area dalam kota saja.

"Wisatawan utamanya dari Jawa Tengah jadi ini memang DKI Jakarta, Jawa Tengah dan lokal di Jawa Barat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper