Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil: Puncak Arus Mudik Dimulai Rabu Besok

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memprediksi puncak arus mudik 2023 di wilayah Jawa Barat akan dimulai Rabu (19/4/2023) besok. 
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Jabar Ridwan Kamil memprediksi puncak arus mudik 2023 di wilayah Jawa Barat akan dimulai Rabu (19/4/2023) besok. 

Ridwan Kamil mengatakan dari data yang dimiliki pihaknya peningkatan volume kendaraan akan meningkat besok. 

"Puncak arus mudik kemungkinan besok, hari ini mulai meningkat pesat prediksi di hari Rabu besok di haei libur," katanya usai pelepasan mudik gratis di kantor Bapenda Jabar, Selasa (18/4/2023). 

Pemprov Jabar telah membuat berbagai strategi untuk membuat nyaman para pemudik. Mulai dari pemantapan akses jalan hingga infrastruktur lain yang mendukung keamanan para pemudik. 

"Pertama kita sudah siaga satu 300 pos penjagaan disiapkan, kesehatan keamanan, dha tol tembus Bocimi Sampai Cibadak, Cisumdawu sampai Kertajati Cirebon kemudian cipali ada dua rest area baru di kilometer 88 dan 160," katanya. 

Pemprov Jabar juga telah menyediakan mudik gratis untuk masyarakat. Adapun sebanyak 6.500 tiket bus dan 5.954 tiket kereta api telah disiapkan. Mudik gratis ini telah dimulai tanggal 15-18 April 2023. 

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan masyarakat agar memilih perjalanan pada waktu siang hari guna menghindari kepadatan volume kendaraan. 

"Mengingat pada tahun lalu, masyarakat memilih perjalanan pada malam hari," katanya dalam sambutannya pada apel pasukan pengamanan Lebaran 2023 di Gedung Sate, Bandung, Senin (17/4/2023).

Menurutnya tahun ini potensi pergerakan pemudik se-Indonesia, tak terkecuali di Jabar, diprediksi akan meningkat hingga 45%.

"Tahun lalu, ada sekitar 85,5 juta pemudik dan tahun ini diprediksi meningkat hingga 123,8 juta pemudik di seluruh Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler