Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dewan Sambut Baik Rencana Pengalihan Penerbangan Komersial dari Husein ke Kertajati

DPRD Jawa Barat menyambut baik rencana pemerintah meningkatkan layanan di Bandara Kertajati, Majalengka.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat menyambut baik rencana pemerintah meningkatkan layanan di Bandara Kertajati, Majalengka.

Kertajati rencananya tak hanya akan melakukan penerbangan haji namun juga siap melayani penerbangan carter umrah pada 15 April 2023. 

Selain itu Kementerian Perhubungan sudah memastikan encana pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati.

"Kami sambut baik haji umrah dari sana [Bandara Kertajati] apalagi kalau penerbangan lain nyusul," kata Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi di Bandung, Selasa (11/4/2023).

Menurutnya seluruh rencana ini diharapkan terealisasi mengingat Tol Cisumdawu segera beroperasi penuh. "Akhir Mei beres katanya, beroperasi semua seksi," katanya.

Optimalisasi Kertajati dinilai tepat mengingat pembangunan bandara tersebut penuh perjuangan dan pengorbanan warga Jawa Barat.

"Membangun bandara ini perjuangan panjang dan pengorbanan tentunya. Kami berharap Kertajati difungsikan. Bangunan sudah megah, luas dan layak untuk penuhi penerbangan internasional," kata dia.

Terkait penggunaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan untuk arus mudik Lebaran 2023, Ineu mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya melakukan peninjauan ke Tol Cisumdawu maupun Bandara Kertajati.

"Dan rencana tanggal 15 April akan dibuka dan itu bersifat fungsional hanya digunakan hingga sore hari, kalau malam hari di sana belum siap karena belum ada penerangannya," katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari pengelola jalan tol tersebut, Tol Cisumdawu secara keseluruhan akan dioperasikan pada akhir Mei 2023.

"Jadi kalau udah beres mudik maupun arus balik ya jalan tol setelah Cimalaka akan ditutup kembali sembari dituntaskan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper