Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Mei, Bandara Kertajati Layani Rute Penerbangan ke Kuala Lumpur

Terhitung Mei 2023, Bandara Internasional Kertajati, Majalengka kembali melayani rute penerbangan Kertajati (KJT) – Kuala Lumpur (KUL) dan sebaliknya.
AirAsia/Bloomberg
AirAsia/Bloomberg

Bisnis.com, BANDUNG--Terhitung Mei 2023, Bandara Internasional Kertajati, Majalengka kembali melayani rute penerbangan Kertajati (KJT) – Kuala Lumpur (KUL) dan sebaliknya.

Penerbangan internasional ini akan dioperasikan oleh maskapai AirAsia Berhard.

Pengoperasian rute internasional ini berdasarkan surat Penetapan Pelaksanaan Rute Penerbangan Luar Negeri yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (30/03/2023).

“Untuk Penerbangan Internasional Rute Kertajati (KJT) – Kuala Lumpur (KUL) dengan maskapai AirAsia Berhard tersebut, dijadwalkan beroperasi 2 kali dalam seminggu mulai tanggal 17 Mei sampai 25 Oktober 2023," kata Direktur PT BIJB Muhamad Singgih dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (5/4/2023).

Penerbangan internasional tersebut sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2022 dan Surat Edaran Menhub Nomor 88 Tahun 2022 serta Satgas Covid-19 yang telah menetapkan Surat Edaran (SE) No: 25 Tahun 2022 yang menjadikan Bandara Internasional Kertajati sebagai Entry Point atau Pintu Masuk Perjalanan Luar Negeri.

Menurutnya dengan keputusan ini Bandara Kertajati menjadi satu-satunya Bandara yang termasuk dalam kategori Entry Point di Provinsi Jawa Barat.

VP of Corporate Secretary & General Administration PT BIJB Dian Nurachman mengatakan ketetapan terkait dengan Bandara Kertajati sebagai Entry Point ini menjadikan pelayanan di Bandara Kertajati semakin optimal.

"Selain dapat melakukan penerbangan internasional, domestik dan kargo berjadwal, juga dapat melayani penerbangan tidak berjadwal," katanya.

Terbaru, Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No : M.HH-04.GR.01.01 Tahun 2023 Tentang Pemeriksaan Imigrasi Bandar Udara tanggal 03 Maret 2023, menyebutkan bahwa ada 37 Bandar Udara yang menjadi tempat pemeriksaaan imigrasi.

Namun dalam hal ini tidak semuanya termasuk dalam kategori entry point internasional. Dari 37 Bandara tersebut hanya ada 15 Bandara, termasuk di dalamnya Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper