Soal Galeri Rasulullah Masjid Al Jabbar, Aher: Saya Gembira, Bahagia

Aher mengaku bangga dan bahagia galeri yang ia cita-citakan saat ide membangun Al Jabbar pada 2015 lalu akhirnya terwujud.
Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung/Bisnis
Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar, Bandung, Senin (27/3/2023). Galeri ini akan menjadi salah satu fasilitas paling menarik yang ada di Al Jabbar.

Salah satu tamu peresmian yang hadir adalah mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Saat masjid diresmikan, Aher—panggilan akrabnya sempat absen karena tengah menjalani umrah. 

Aher mengaku bangga dan bahagia galeri yang ia cita-citakan saat ide membangun Al Jabbar pada 2015 lalu akhirnya terwujud. “Saya gembira, saya ikut berbahagia, dari sini semoga hidayah mudah didapat masyarakat Jawa Barat, ini gambaran Islam yang indah, Islam yang nyaman,” katanya.

Menurutnya saat merancang ide pembangunan Al Jabbar, dirinya ingin masjid terbesar tersebut memberikan nilai lebih yakni hadir dengan memahami ajaran Islam lewat pendekatan perjalanan Islam yaitu sejarah.

“Yang paling harus terjadi adalah seseorang menemukan sejarah nabinya, Rasulullah SAW. Atas dasar itulah galeri ini direncanakan saat itu,” ujarnya.

Dia mengenang saat itu mengirimkan sejumlah perwakilan untuk mempelajari maroj Rasulullah SAW di Mekkah sebagai contoh yang sudah ada. “Kenapa maroj bukan museum? Kalau maroj itu hidup karena ada narasi,” katanya.

Galeri yang dibangun 9 Matahari tersebut kini terwujud, dirinya berharap pengunjung yang masuk bisa mengikuti perjalanan sampai akhir.

“Ketika di akhir dia memiliki persepsi lain terkait Islam secara utuh, Insyaallah kita berharap yang datang ke sini betul-betul sesuai harapan, ada keteladanan kehidupan Rasul,” paparnya.

Menurutnya memasuki galeri yang memakan waktu selama 45 menit tersebut diharapkan memberikan pemahaman Islam dan terbentang harapan hidup dunia akhirat yang diajarkan Rasulullah. 

Konten ini merupakan bagian dari Safari Ramadan yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia, dan didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat, Bank BJB, BUMD PT Migas Utama Jabar, dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper