DPKP Sumedang Perkuat Kerja Sama dengan Eksportir Pasarkan Mangga Gedong Gincu

Pemkab Sumedang terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan potensi komoditas mangga gedong gincu.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SUMEDANG - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang Sajidin mengatakan, Jepang telah menunjukkan ketertarikannya pada mangga gedong gincu asli Sumedang.

Pasalnya, mangga gedong gincu Sumedang rasanya berbeda dengan buah mangga pada umumnya. Bahkan saat mencicipi keripik gedong gincu, rombongan dari Jepang sangat menikmati sampai berebutan.

"Waktu itu sempat ada salah satu pengusaha Jepang dan tertarik untuk mendatangkan gedong gincu ke Jepang. Kita sebetulnya sudah siap, hanya saja dari Jepang belum siap karena beberapa hal. Insyaallah, tahun ini mau ditindaklanjuti lagi untuk kebutuhan ekspor gedong gincu dan keripiknya," kata Sajidin dikutip Bisnis, Minggu (5/2/2023).

Pihaknya mengaku terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan potensi komoditas mangga gedong gincu.

Salah satunya yakni dengan berkolaborasi bersama sejumlah pihak termasuk pihak eksportir dari negara lain.

Selain itu, kata Sajidin, pihaknya juga berencana mengembangkan agrowisata untuk gedong gincu, dan juga mangga jenis lainnya seperti harumanis.

Agrowisata itu rencananya akan dibuat di sejumlah wilayah Jatigede yang menjadi sentra mangga, seperti Desa Kadujaya Lebak Siuh, Cintajaya dan Cijeungjing (KALECI).

"Insyaallah nanti di satu kawasan itu bisa petik mangga sendiri. Karena ada satu kawasan yang sejalur dengan Masjid Al-Kamil Jatigede. Mudah-mudahan tahun ini bisa terwujud," katanya.(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper