Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tak Hanya Ikan Konsumsi, Ikan Koi Sumedang juga Kini Mulai Unjuk Gigi

Semakin populernya ikan koi Sumedang juga tak lepas dari bimbingan dan pembinaan Dinas Perikanan dan Peternakan.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 22 Januari 2023  |  17:32 WIB
Tak Hanya Ikan Konsumsi, Ikan Koi Sumedang juga Kini Mulai Unjuk Gigi
Budi daya ikan koi di Sumedang.
Bagikan

Bisnis.com, SUMEDANG - Pelaku budi daya ikan koi di Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua mengaku semakin dikenal di kalangan penghobi koi di di Indonesia. Itu setelah mereka kerap kali mendapat penghargaan setiap mengikuti kontes.

"Kami sering ikut kontes, dan ternyata ada saja yang menang di berbagai kategori, sekarang koi dari Sumedang lebih dikenal sama penghobi dari luar," kata Ketua Kelompok Tunas Muda Jaya Koi Desa Ciuyah Rohimat, Minggu (22/1/2023).

Rohimat mengatakan, baru-baru ini kelompoknya mengikuti kontes ikan koi tingkat nasional di Bogor dan Kuningan. Kemudian juga, mengikuti kontes yang yang digelar di Asia Plaza Sumedang, dimana pesertanya datang dari penjuru Indonesia.

"Awalnya kami juga kaget ikan-ikan kami selalu masuk [menang]. Dari situ banyak yang bertanya-tanya lebih jauh tentang koi di Sumedang," katanya.

Menurut Rohimat, dengan seringnya mendapat penghargaan di setiap kontes, artinya ikan koi dari Sumedang punya kualitas yang baik. Diakui, ikan-ikan yang sudah mengikuti kontes itu banyak peminatnya.

Bahkan dirinya pernah menjual satu ekor ikan koi ukuran 10 sentimeter seharga Rp1,5 juta. Semakin populernya ikan koi Sumedang juga tak lepas dari bimbingan dan pembinaan Dinas Perikanan dan Peternakan.

"Semakin dikenalnya koi Ciuyah ini kan otomatis membuat Sumedang lebih dikenal. Dampaknya untuk pembudidaya juga terasa, karena bisa menaikkan harga," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan sumedang
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top