Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Hanya Ikan Konsumsi, Ikan Koi Sumedang juga Kini Mulai Unjuk Gigi

Semakin populernya ikan koi Sumedang juga tak lepas dari bimbingan dan pembinaan Dinas Perikanan dan Peternakan.
Budi daya ikan koi di Sumedang.
Budi daya ikan koi di Sumedang.

Bisnis.com, SUMEDANG - Pelaku budi daya ikan koi di Desa Ciuyah, Kecamatan Cisarua mengaku semakin dikenal di kalangan penghobi koi di di Indonesia. Itu setelah mereka kerap kali mendapat penghargaan setiap mengikuti kontes.

"Kami sering ikut kontes, dan ternyata ada saja yang menang di berbagai kategori, sekarang koi dari Sumedang lebih dikenal sama penghobi dari luar," kata Ketua Kelompok Tunas Muda Jaya Koi Desa Ciuyah Rohimat, Minggu (22/1/2023).

Rohimat mengatakan, baru-baru ini kelompoknya mengikuti kontes ikan koi tingkat nasional di Bogor dan Kuningan. Kemudian juga, mengikuti kontes yang yang digelar di Asia Plaza Sumedang, dimana pesertanya datang dari penjuru Indonesia.

"Awalnya kami juga kaget ikan-ikan kami selalu masuk [menang]. Dari situ banyak yang bertanya-tanya lebih jauh tentang koi di Sumedang," katanya.

Menurut Rohimat, dengan seringnya mendapat penghargaan di setiap kontes, artinya ikan koi dari Sumedang punya kualitas yang baik. Diakui, ikan-ikan yang sudah mengikuti kontes itu banyak peminatnya.

Bahkan dirinya pernah menjual satu ekor ikan koi ukuran 10 sentimeter seharga Rp1,5 juta. Semakin populernya ikan koi Sumedang juga tak lepas dari bimbingan dan pembinaan Dinas Perikanan dan Peternakan.

"Semakin dikenalnya koi Ciuyah ini kan otomatis membuat Sumedang lebih dikenal. Dampaknya untuk pembudidaya juga terasa, karena bisa menaikkan harga," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper