Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Berupaya Keras Benahi Transportasi Publik

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan urusan pembenahan transportasi publik terus dikerjakan pihaknya meski dari sisi kewenangan dan anggaran ada keterbatasan.
Bus listrik menunggu penumpang sembari diisi dayanya di Terminal Leuwipanjang, Bandung./Bisnis-Rachman
Bus listrik menunggu penumpang sembari diisi dayanya di Terminal Leuwipanjang, Bandung./Bisnis-Rachman

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan urusan pembenahan transportasi publik terus dikerjakan pihaknya meski dari sisi kewenangan dan anggaran ada keterbatasan.

Ridwan Kamil mengatakan tuntutan warga terkait transportasi publik sebetulnya lebih tepat diarahkan pada pemangku wilayah seperti wali kota atau bupati. Kewenangannya sebagai gubernur hanya sebatas koordinasi di wilayah algomerasi seperti Bandung Raya.

"Dimana memastikan wali kota dan bupati taat terhadap perlintasan wilayahnya," katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Kamis (5/12/2022).

Menurutnya guna memastikan koordinasi berjalan baik maka dibentuk organisasi Badan Pengelola Cekungan Bandung Raya. Namun urusan pembentukan ini memakan waktu lama karena pihaknya harus membenahi payung hukum. "Kita beresin dulu rumah hukumnya," tuturnya.

Salah satu bentuk realisasi pihaknya untuk memulai pembenahan transportasi publik dengan meluncurkan BRT (Bus Rapid Transit) di Kota Bandung. Saat ini secara aktif sudah beroperasi menggunakan 8 bus listrik dengan kapasitas 25 penumpang per bus.

"Dimulai dari yang mudah dulu BRT sudah launching, saya minta maaf tahun ini akan banyak pekerjaan BRT," katanya.

Menyoal tuntutan warga yang berharap transportasi publik terintegrasi seperti Jakarta, Ridwan Kamil meminta warga melihat porsi APBD yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan besarnya dukungan APBN pada pembenahan transportasi Jakarta.

"Jakarta yang APBD-nya terbesar se-Indonesia, setengah [anggaran pembangunan] MRT-nya dari APBN. Apalagi APBD Jabar yang hanya Rp40 triliun [dibagi] untuk 27 kota kabupaten urusannya banyak tidak mungkin sanggup mengurusi transportasi masal seperti yang diidealkan. Tapi kan dikerjakan dan sudah dimulai," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat A Koswara mengatakan saat ini Pemprov Jabar tengah mendorong pembenahan transportasi publik berbasis listrik dimulai dari Bandung Raya.

"Sedang mengarah ke sana, kan itu bagian dari program pemerintah," ujarnya.

Rencananya BRT akan melayani lima koridor di Bandung Raya dimana satu koridor akan memakai bus berbasis listrik. Menurutnya pihak World Bank yang mendukung program ini mengharapkan bus listrik bisa mencapai 50 persen dari seluruh rute.

Tahun ini rencananya akan dimulai konstruksi depo khusus bus listrik dan pembangunan jalur khusus di sejumlah titik. Pada 2024 ada uji coba, selanjutnya pada 2025 BRT tahap I akan beroperasional penuh melayani sejumlah rute di Bandung Raya.

Setelah BRT, Cekungan Bandung rencananya akan didukung integrasi dengan kereta lintas rel terpadu (LRT) dengan rute yang sudah disepakati Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper